Breaking News:

Berita Pekalongan

Indahnya Al Quran yang Diukir di Batu Marmer di Kabupaten Pekalongan

Berbekal keinginan kuat untuk menyumbangkan sesuatu pada Agama Islam, seorang seniman pahat di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah berhasil

TRIBUN PANTURA/INDRA DWI PURNOMO
Jamaah Masjid Al Mutharam saat melihat Al-Qur'an dari bahan batu marmer 

Penulis : Indra Dwi Purnomo

TRIBUNPANTURA.COM, KAJEN - Berbekal keinginan kuat untuk menyumbangkan sesuatu pada Agama Islam, seorang seniman pahat di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah berhasil membuat sebuah Mushaf Alquran dengan bahan batu marmer.

Meski belum selesai semua, kini lembaran-lembaran kaligrafi Al-Qur'an tersebut di pajang di Masjid AL Muhtaram Pekalongan untuk dibaca oleh para jamaah Masjid.

Karya seni Al-Qur'an ini dibuat oleh Nur Hidayat Siba, perajin di Kabupaten Pekalongan. Namun akibat berbagai kendala, sejak tahun 2011 hingga 2021 baru terbuat 12 juz, dari total 30 juz.

"Saya membuat lembaran Al-Qur'an dengan batu marmer alami ini seperti karya seni yang lainnya. Pembuatannya sejak tahun 2011 hingga 2021 masih 12 juz," kata seniman pahat Nur Hidayat Siba saat ditemui Tribunjateng.com di rumahnya, Rabu (14/4/2021).

Lembaran-lembaran batuan marmer tersebut berukuran 60x90 centimeter, dengan ketebalan rata-rata sekitar 2 centimeter.

Menurut alumnus fakultas Syariah IAIN Sunan Kalijaga dan Alumnus pesantren Almuayyad Solo, ia memiliki obsesi untuk membuat Al-Qur'an tersebut.

"Jika Al-Qur'an itu jadi, maka akan ada 620 keping marmer, dengan ukuran perlembarnya 60x90 centimeter. Sehingga, berat total untuk 30 juz sebesar 14 ton."

"Al-Qur'an dari bahan marmer ini dipamerkan di Masjid Al Mutharam," ujarnya.

Siba mengungkapkan, pada awalnya pembuatan Al-Qur'an tersebut dilakukan secara manual, sehingga membutuhkan waktu sembilan hari untuk menulis satu lembar Al-Qur'an di batu marmer tersebut.

Halaman
123
Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Pantura
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved