Breaking News:

Berita Pendidikan

Tim PKM UT Semarang Beri Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan Digital di MA Nurussalam Mangkang

Tim PKM UT Semarang Beri Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan Digital di MA Nurussalam Mangkang

Penulis: m zaenal arifin | Editor: yayan isro roziki
Istimewa
Direktur UT Semarang, Barokah Widuroyekti (kiri) memberikan kenang-kenangan buku pendidikan jarak jauh ke Kepala MA Nurussalam Mangkang, Ahmad Sukron (kanan), saat berkunjung ke MA Nurussalam dalam rangka melihat implementasi pelatihan pengelolaan perpustakaan secara digital menggunakan aplikasi SLiMS, kemarin. 

TRIBUNPANTURA.COM, SEMARANG - Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Terbuka (UT) Semarang menggelar pelatihan pengelolaan perpustakaan secara digital kepada guru dan tenaga kependidikan (tendik) MA Nurussalam, Mangkang, Semarang, kemarin.

Tim PKM yang terdiri dari dosen dan mahasiswa tersebut mengenalkan aplikasi SLiMS untuk mempermudah pengelolaan perpustakaan sekolah.

Tim PKM terdiri dari Lusi Rachmiazasi, Dian Ratu Ayu Uswatun Khasanah, Barokah Widuroyekti, Sri Sumiati, dibantu mahasiswa Program Studi Perpustakaan FHISIP UT, Heri Susanto.

Baca juga: Begini Tadarus Al Quran Ala Pemkab Kendal, Serentak Satu Jam 1 Juz

Baca juga: Cerita Isnaini Berpuasa di Hong Kong di Tengah Pengetatan Protokol Kesehatan

Baca juga: Daftar Pos PPKM Mikro Satlantas Polres Tegal dan Titik Penyekatan saat Larangan Mudik Berlangsung

Direktur UT Semarang yang juga anggota tim PKM, Barokah Widuroyekti menuturkan, sejak wabah virus Corona (Covid-19) melanda, semua model pembelajaran dialihkan dari yang awalnya tatap muka menjadi lewat perantara teknologi dan internet atau daring.

Tidak hanya pada proses kegiatan belajar mengajar pada siswa saja, guru maupun tenaga pendidik juga harus mengubah cara dan berkreasi dalam rangka peningkatan keahlian.

Kompetensi guru dituntut untuk selalu meningkat dan inovatif agar sesuai dengan perkembangan zaman.

"Dalam menunjang peningkatan kompetensi guru, khususnya di bidang literasi dan minat baca, kami memberikan pelatihan pengelolaan perpustakaan sekolah berbasis digital menggunakan aplikasi SLiMS di MA Nurussalam, Mangkang, Semarang," kata Barokah, dalam keterangannya, Senin (19/4/2021).

Ia menerangkan, aplikasi SLiMS singkatan dari senayan library management system yaitu aplikasi yang digunakan untuk pengelolaan perpustakaan secara digital.

Di dalamnya, pengguna bisa melakukan pencarian buku yang dimiliki perpustakaan sekolah tanpa harus mencari-cari di rak buku satu ke lainnya.

Melalui aplikasi ini, katanya, juga untuk mencetak kartu anggota perpustakaan, mengecek buku yang dibutuhkan apakah sedang dipinjam oleh siswa lainnya, bisa cetak nomor seri buku dengan barcode, dan lainnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Pantura
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved