Breaking News:

Berita Kendal

400 Pemudik Terpantau Masuk Kendal, Dishub Perketat Akses Keluar Masuk Melalui Pelabuhan

400 Pemudik Terpantau Masuk Kendal, Dishub Perketat Akses Keluar Masuk Melalui Pelabuhan

Istimewa
Sejumlah penumpang KMP Kalibodri dari Kumai Kalimantan Tengah turun di pelabuhan Kendal, beberapa waktu lalu. 

Penulis: Saiful Masum

TRIBUNPANTURA.COM, KENDAL - Sekitar 400 pemudik terpantau masuk ke wilayah Kabupaten Kendal. Mereka memanfaatkan waktu mudik lebih awal sebelum larangan mudik 6-17 Mei mulai berlaku.

Meskipun Satgas Covid-19 telah melarang adanya kegiatan mudik sejak 22 April - 24 Mei yang tertuang dalam Adendum Surat Edaran Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Covid-19, tapi tetap saja sebagian perantau nekat mudik.

Kapolres Kendal, AKBP Raphael Sandy Cahya Priambodo mengatakan, hasil dari pemantauan sejak 22 April lalu tercatat 400-an pemudik yang masuk ke Kendal, dengan tujuan beberapa kecamatan di wilayah Kendal atas dan bawah. 

Katanya, para pemudik bergerak dari berbagai pintu masuk perbatasan. Seperti jalur pantura, jalan tol, jalan antar kebupaten atau kota hingga pelabuhan Kendal

"Sudah kita data masyarakat yang berdatangan di wilayah Kendal. Ada beberapa pintu masuk contoh terminal kedatangan kapal laut pelabuhan dari Kalimantan," terangnya, Senin (3/5/2021).

Lebih lanjut, AKBP Raphael memastikan, warga yang lolos pulang kampung telah melewati proses pengecekan kesehatan dengan ketat.

Termasuk harus membawa surat keterangan rapid antigen atau swab PCR yang menunjukkan hasil negatif Covid-19. Berlaku juga bagi penumpang kapal yang turun di pelabuhan Kendal.

Dengan terdatanya warga yang mudik, Kapolres meminta agar pihak pemerintah melalui Dinas Kesehatan menyediakan alat rapid atau swab di masing-masing puskesmas.

Dengan tujuan, untuk mendeteksi penyebaran Covid-19 para pemudik setelah mengikuti 5 hari karantina.

Halaman
123
Penulis: Saiful Masum
Editor: yayan isro roziki
Sumber: Tribun Pantura
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved