Breaking News:

Berita Batang

Begini Strategi PMI Batang Jaga Ketersediaan Stok Darah, Jemput Bola hingga Bagi Sembako

Palang Merah Indonesia (PMI) berinovasi dengan berbagai strategi untuk bisa menjaga stok darah terlebih saat pandemi.

Penulis: dina indriani | Editor: muh radlis
TRIBUN PANTURA/DINA INDRIANI
Petugas PMI Batang saat melakukan jemput bola donor darah. 

Penulis : Dina Indriani

TRIBUNPANTURA.COM, BATANG - Palang Merah Indonesia (PMI) berinovasi dengan berbagai strategi untuk bisa menjaga stok darah terlebih saat pandemi.

Humas Unit Donor Danar (UDD) PMI Batang, Risnaningsih mengatakan salah satu satu strateginya saat bulan ramadan adalah momen sembako untuk pendonor pada setiap hari Jumat dan Sabtu selama bulan ramadan. 

"Untuk stok darah, alhamdulillah hingga pasca idulfitri stok darah masih cukup bahkan kami bisa droping ke PMI daerah tetangga seperti Pekalongan dan Kendal," tuturnya, Selasa (1/6/2021).

Dia menjelaskan untuk menjaga ketersediaan darah, selain melayani donor darah harian PMI juga melakukan jemput bola bagi pendonor ke sekolah, instansi, lembaga dan komunitas.

"Di masa pandemi ini kami siap jemput bola, karena kebutuhan darah semakin hari semakin bertambah.

Saya harap ada lebih banyak lagi komunitas atau desa yang bekerja sama dengan PMI untuk menggelar donor darah," imbuhnya.

Sementara kebutuhan darah perhari bisa mencapai 50 - 60 kantong darah, dan dalam satu bulan diantara 700 hingga 800 kantong darah.

Sedangkan stok darah di PMI Batang pada hari ini, untuk golongan darah A 50 kantong, B 63 kantong, O 38 kantong dan  golongan darah AB 13 kantong.

"Golongan darah kebutuhan  permintaannya sama, tapi biasanya ada demam permintaan yang hari ini permintaannya darah golongan O dan A," pungkasnya.(din)

Sumber: Tribun Pantura
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved