Breaking News:

Berita Slawi

Makin Mudah Bayar Pajak Lewat Layanan Mobil Keliling di Kabupaten Tegal

Membayar pajak di Kabupaten Tegal kini makin mudah dengan hadirnya mobil pajak keliling. Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bappenda)

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: muh radlis
IST
Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono, saat menerima bantuan satu unit kendaraan operasional pelayanan pajak daerah secara simbolis dari Pimpinan Cabang Bank Jateng Slawi Fachrudin, pada Jumat (28/5/2021) lalu di Kantor Bank Jateng Cabang Slawi. 

Penulis: Desta Leila Kartika. 

TRIBUNPANTURA.COM, SLAWI – Membayar pajak di Kabupaten Tegal kini makin mudah dengan hadirnya mobil pajak keliling. Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Tegal secara resmi menerima bantuan satu unit kendaraan operasional pelayanan pajak daerah dari Bank Jateng. 

Kendaraan ini secara resmi diterima Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono, dari Pimpinan Cabang Bank Jateng Slawi Fachrudin, pada Jumat (28/5/2021) lalu di Kantor Bank Jateng Cabang Slawi.

Joko pun mengapresiasi pemberian Bank Jateng ini sebagai bagian dari upaya Pemkab Tegal meningkatkan penerimaan pajak daerah sebagai pendapatan asli daerah.  

Joko berharap, kehadiran mobil pajak keliling ini mampu meminimalisir keterlambatan penyetoran pajak.

“Selain membantu memudahkan dan mendekatkan layanan kepada wajib pajak, keberadaan mobil operasional ini diharapkan mampu meminimalisir keterlambatan penyetoran pajak, disamping mengurangi kebocoran penerimaannya yang targetnya tahun 2021 ini mencapai Rp 133 miliar. Dimana 33,4 persennya atau Rp 44,5 miliar diperoleh dari sumber pendapatan pajak bumi dan bangunan perkotaan perdesaan,” ungkap Joko, dalam rilis yang diterima Tribunjateng.com, Rabu (2/6/2021). 

Tak lupa, Joko pun menitip pesan kepada kepala Bappenda Kabupaten Tegal agar menyiapkan biaya personil dan dukungan operasional pemeliharaan kendaraan, termasuk publikasi layanannya. 

“Saya minta agar publik masyarakat Kabupaten Tegal mengetahui fungsi dan jenis layanan apa saja yang ada di mobil pajak keliling ini, serta kapan dan di mana saja jadwal pelayanannya,” tegas Joko. 

Joko pun menyarankan, Bappenda untuk merancang skema komunikasi publik, seperti infografis mobil pajak keliling yang dilakukan secara berkala.

“Manfaatkan kanal media sosial sebagai media publikasinya. Baik itu milik Bappenda sendiri maupun Humas Pemkab Tegal,” ujarnya. 

Menurut Joko, salah satu indikasi keberhasilan publikasi layanan pajak keliling ini adalah semakin banyak warganet yang bertanya, kapan dan di mana layanan pajak tersebut berada. 

Dengan demikian, sambung Joko, masyarakat mulai banyak tahu akan keberadaan mobil pajak keliling.

“Selain itu, publikasi yang efektif akan meningkatkan kesadaran dan kepatuhan wajib pajak membayarkan pajaknya, seperti pada layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor milik Samsat yang kehadirannya selalu ditunggu-tunggu warga,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bappenda Kabupaten Tegal Eko Jati Suntoro mengatakan, pihaknya mengoperasikan mobil pajak keliling mulai Senin (31/5/2021). 

“Senin kita mulai membuka layanan pajak keliling,” imbuh Eko. (dta) 

Sumber: Tribun Pantura
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved