Breaking News:

Berita Slawi

Desa Gantungan Kabupaten Tegal Dikarantina, 29 Warganya Dinyatakan Positif Covid-19

Setelah Desa Kajenengan Kecamatan Bojong dan Desa Randusari Kecamatan Pagerbarang yang melakukan karantina wilayah (lockdown)

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: muh radlis
TRIBUN PANTURA/DESTA LEILA KARTIKA
Suasana di RT 01, RW 01, Dukuh Bulak, Desa Gantungan, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal yang melakukan karantina wilayah. Adapun hal tersebut dilakukan karena ditemukan 29 warganya terkonfirmasi positif Covid-19, dugaan awal kasus muncul dari M seorang kurir paket menularkan ke sang isteri dan berkembang ke keluarga inti sampai ke warga sekitar. 

Penulis: Desta Leila Kartika

TRIBUNPANTURA.COM, SLAWI - Setelah Desa Kajenengan Kecamatan Bojong dan Desa Randusari Kecamatan Pagerbarang yang melakukan karantina wilayah (lockdown), kali ini giliran warga RT 01, RW 01, Dukuh Bulak, Desa Gantungan, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal yang melakukan karantina wilayah. 

Adapun berlangsungnya karantina wilayah tersebut karena ditemukan 29 warga positif terapar Covid-19.

Menurut Kepala Puskesmas Jatinegara Ulinuha, awal mula penularan terjadi pada tanggal 21 Mei 2021 ada warga berinisial M datang ke Puskesmas dan mengeluh sakit perut. Namun belum dilakukan rapid tes antigen atau pun swab PCR. 

Lalu tidak lama atau tanggal 25 Mei 2021, Isteri dari M memeriksakan kehamilannya ke Puskesmas. Tapi karena ada keluhan batuk sehingga pihak Puskesmas langsung melakukan swab dan hasilnya positif Covid-19. 

Setelah sang isteri dinyatakan positif Covid-19, M langsung dites swab dan ternyata hasilnya positif Covid-19. 

Setelahnya tim medis langsung melakukan tracing kepada kontak erat yaitu keluarga M tepatnya pada 29 Mei 2021, dari lima orang ada empat orang yang hasilnya positif Covid-19.

Sehingga total dua ditambah empat yaitu enam orang terpapar.

"Kami juga melakukan swab kepada bapak S yang merupakan orangtua M, meski tidak serumah tapi yang bersangkutan ada gejala sehingga kami swab dan hasilnya positif Covid-19. Total sudah ada 7 kasus yang ditemukan sampai akhirnya kami melakukan tracing di tempat kerja pak S, dari 21 orang ada 2 yang positif sehingga total ada 9 orang positif Covid-19," jelas Ulinuha, pada Tribunjateng.com, Selasa (8/6/2021).

Hasil penemuan sembilan orang terpapar Covid-19, lanjut Ulinuha, akhirnya ditindaklanjuti dengan swab masal di satu RT tempat tinggal yang sudah terapar.

Halaman
12
Sumber: Tribun Pantura
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved