Breaking News:

Berita Jateng

Omzet Biro Haji Terancam Hilang hingga Rumahkan Karyawan Imbas Pembatalan Haji 2021

Keputusan pemerintah membatalkan keberangkatan haji tahun 2021 dirasa semakin berat, terutama bagi biro penyelenggara haji dan umroh.

Penulis: Idayatul Rohmah | Editor: muh radlis
TRIBUN JATENG/IDAYATUL ROHMAH
Endro Dwi Cahyono, Dirut Dewangga Lil Hajj Wal Umroh, salah satu biro haji dan Umroh di Jawa Tengah, Senin (7/6/2021). 

TRIBUNPANTURA.COM, SEMARANG - Keputusan pemerintah membatalkan keberangkatan haji tahun 2021 dirasa semakin berat, terutama bagi biro penyelenggara haji dan umroh.

Hal itu lantaran kebijakan ini bukanlah pertama kali, melainkan kedua kalinya sehingga diperkirakan banyak aktivitas bisnis travel haji dan umroh yang mandek karena dampak yang dirasakan.

"Dampak bisnis ini sangat berat, sama halnya dengan biro-biro pariwisata.

Namun, kami biro yang mengkhususkan hanya melayani tamu yang ingin melaksanakan ibadah haji dan umroh otomatis tidak ada yang bisa kami lakukan.

Ini tentu sangat berpengaruh, terutama bagi karyawan," kata Endro Dwi Cahyono, Dirut Dewangga Lil Hajj Wal Umroh, salah satu biro haji dan Umroh di Jawa Tengah saat dihubungi Tribun Jateng, Senin (7/6/2021).

Endro menyatakan, dampak dari kebijakan resmi yang dikeluarkan melalui keputusan Menteri Agama nomor 660 tahun 2021 tentang pembatalan keberangkatan jamaah haji pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 1442 Hijriah itu terutama pada potensi omzet yang diperoleh para biro.

Menurut Ketua Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umroh Republik Indonesia (Amphuri) Jawa Tengah itu, jika dikalkulasi, pendapatan dari satu kali pemberangkatan umroh di Jawa Tengah bisa mencapai Rp 250 miliar.

Jumlah tersebut dihitung dari banyaknya masyarakat Jateng yang menjalankan ibadah umroh setiap bulannya, yakni pada kisaran 10.000 jamaah.

"Bisa dihitung 10.000 dikalikan paket umroh, katakanlah Rp 25 juta saja sudah berapa. Itu omzet kami," ujarnya. 

Namun di tengah terpaan pandemi Covid-19, para biro haji dan umroh kehilangan potensi tersebut.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved