Breaking News:

Berita Batang

Halaqoh Kebangsaan Batang dan FK KBIHU Terus Kawal Pembangunan Islamic Center

Pembangunan Gedung Islamic Center yang merupakan alih fungsi eks pangkalan truk Banyuputih terus berproses.

Penulis: dina indriani | Editor: muh radlis
IST
Sekretaris FK-KBIHU yang juga Sekretaris Halaqoh Kebangsaan untuk Wujudkan Islamic Center Batang, Farid Asror saat menyetahkan dokumen terkait Islamic Center Batang kepada Kemenag Batang. 

Penulis : Dina Indriani

TRIBUNPANTURA.COM, BATANG - Pembangunan Gedung Islamic Center yang merupakan alih fungsi eks pangkalan truk Banyuputih terus berproses.

Rencananya pembangunan tahap satu akan dimulai pada bulan Juli 2021.

Forum Komunikasi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (FK-KBIHU) dan Halaqoh Kebangsaan akan terus mengawal proses pembangunan gedung yang digadang-gadang akan menjadi pusat syiar agama Islam di Kabupaten Batang itu.

“Alhamdulillah  komunikasi serta kerjasama FK KBIHU dan Halaqoh Kebangsaan dengan Bupati, Wakil Bupati dan pihak terkait sangat harmonis dan saling pengertian  demi terwujudnya Islamic Center ideal yang didambakan oleh ummat. 

Apa yang menjadi aspirasi ummat melalui FK KBIH betul-betul diperhatikan oleh Pak Bupati dan beliau secara repsonsif menindaklanjuti ke Dinas Teknis," tutur Sekretaris FK-KBIHU yang juga Sekretaris Halaqoh Kebangsaan untuk Wujudkan Islamic Center Batang, Farid Asror, Rabu (16/6/2021).

Dia mencontohkan di awal pernah ada ketidaksesuaian desain pihak Pemkab Batang pun langsung menanggapinya dengan responsif.

"Dulu waktu awal-awal perencanaan ada kekurang sesuaian desain dengan kondisi riil di tanah suci kami sampaikan koreksi dan masukan langsung direspon," ujarnya 

Demikian ketika expose desain final, lanjut dia ternyata perencana belum memasukkan replika Roudhoh Masjid Nabawi meski bukan bagian dari rukun haji- namun ziarah Makam Nabi dan Sholat Arbain adalah bagian tidak terpisahkan dari perjalanan haji, sehingga sangat penting diwujudkan sebagai tempat praktek manasik haji dan ziarah.

Dikatakannya, FK KBIHU dan Halaqoh Kebangsaan selaku inisiator dan pihak yang mendapat amanat mengawal pembangunan Islamic Center Batang, senantiasa memantau dan merapatkan barisan dengan stake holder, utamanya saat ini dengan Dinas PUPR Kabupaten Batang yang menjadi leading sectornya.

"Manajemen Konstruksi telah berhasil menyusun item-item pekerjaan yng akan dikerjakan pada tahap-1 tahun anggaran 2021 ini dengan pagu anggaran fisik konstruksi sebesar Rp 13,3 Miliar," imbuhnya.

Adapun fisik yang di kerjaan pada Tahap-1 tahun 2021 meliputi pekerjaan Persiapan dan Pematangan Lahan Pekerjaan Bukit Shofa dan Marwah, Pekerjaan Bangunan Ka’bah, Pekerjaan Bangunan Jamarat, Pekerjaan Gerbang, Pekerjaan Ruang Panel dan Pekerjaan Penataan Lingkungan.(din)

Sumber: Tribun Pantura
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved