Breaking News:

Bisnis dan Keuangan

Minta Akses Lebih dari 'Camilan', Bisa Dipastikan Itu Pinjol Ilegal, OJK: Tolak dan Abaikan

Minta Akses Lebih dari 'Camilan', Bisa Dipastikan Itu Pinjol Ilegal, OJK: Tolak dan Abaikan

Istimewa
Ilustrasi fintech atau pinjaman online. 

Jika aplikasi fintech meminta akses lebi dari camera, microphone, dan location atau yang disebut dengan singkatan 'Camilan', bisa dipastikan itu pinjaman online (pinjol) ilegal. OJK minta calon debitur tegas menolak dan mengabaikannya.

TRIBUNPANTURA.COM, JAKARTA - Eksistensi pinjaman online atau pinjol semakin menguat belakangan ini. Meski, sudah banyak cerita miris dari para debitur.

Tak jarang kreditur pinjol menagih dengan cara-cara tak manusiawi, dan bahkan melanggar norma hukum.

Karena itu, calon debitur harus lebih selektif dalam memilih pinjol.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan batas akses fintech lending atau pinjaman online yang sudah terdaftar dan berizin.

Di antaranya aplikasi pinjaman online resmi hanya dapat mengakses camera, microphone, dan location atau yang disebut dengan singkatan 'Camilan'.

"Apabila terdapat platform yang meminta izin akses di luar Camilan, fintech lending tersebut dipastikan ilegal," ujar Juru Bicara OJK Sekar Putih Djarot melalui keterangan resmi, Jumat (25/6/2021).

Karena itu, Sekar menjelaskan, jika ada yang meminta daftar kontak pribadi, dipastikan adalah pinjol ilegal, segera tolak dan abaikan.

"Hindari menekan menu berikan izin akses data pribadi seperti kontak, galeri foto, atau video," katanya.

Selanjutnya, fintech lending legal diwajibkan menjaga kerahasiaan data Camilan tersebut dan hanya digunakan untuk verifikasi pengenalan nasabah atau know your costumer, credit scoring, mitigasi risiko, dan berkomunikasi.

"Pastikan cek daftar fintech lending yang terdaftar dan berizin OJK di bit.ly/daftarfintechlendingOJK atau hubungi Kontak OJK 157 @kontak157 melalui telepon 157, whatsapp 081 157 157 157, atau email konsumen@ojk.go.id," kata Sekar. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Jika Ada yang Meminta Daftar Kontak Pribadi, Dipastikan Pinjaman Online Ilegal, Tolak dan Abaikan

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved