Breaking News:

Berita Slawi

Pelaku Usaha Pelanggar Prokes di Kabupaten Tegal Terancam Dijatuhi Denda Maksimal

Pelaku Usaha Pelanggar Prokes di Kabupaten Tegal Terancam Dijatuhi Denda Maksimal

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: yayan isro roziki
Humas Pemkab Tegal
Operasi yustisi gabungan antara pemerintah daerah dengan TNI dan kepolisian terus digencarkan untuk membangun budaya disiplin masyarakat menerapkan protokol kesehatan di era normal baru sebagai upaya untuk mencegah penularan Covid-19 dan menjaga agar kehidupan produktif tetap berjalan. 

Penulis: Desta Leila Kartika 

TRIBUNPANTURA.COM, SLAWI – Penularan Covid-19 yang terus meningkat pascalibur Lebaran di Kabupaten Tegal menjadi indikasi protokol kesehatan belum sepenuhnya diterapkan termasuk di lingkungan usaha. 

Di sisi lain, saat Satgas Covid-19 Kabupaten Tegal menggelar operasi yustisi masih ditemukan pelanggaran protokol kesehatan.

Misalnya membiarkan konsumen berlama-lama membuka maskernya, berkerumun tanpa menjaga jarak, dan membuka layanan konsumsi di tempat hingga larut malam.

Mereka yang kedapatan melanggar langsung diberikan teguran atau peringatan baik lisan maupun tertulis. 

Meski demikian, ada saja pelaku usaha yang tetap membandel, membiarkan lingkungan usahanya berkembang menjadi tempat penularan Covid-19. 

Menurut Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Suharinto menegaskan, mereka layak untuk dikenai sanksi denda maksimal.

Suharinto mengatakan, upaya persuasi kepada pelaku usaha untuk sama-sama menjaga protokol kesehatan sudah ditempuh, termasuk mensosialisasikan Peraturan Bupati (Perbup) Tegal Nomor 42 Tahun 2021 tentang Perbup Nomor 62 Tahun 2020, tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Penularan Covid-19 di Kabupaten Tegal.

Pada Pasal 5 ayat 4 Perbup tersebut telah mengatur besaran denda bagi pelanggar protokol kesehatan. 

Pelanggar perseorangan dapat dikenai sanksi administrasi maksimal Rp100 ribu. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Pantura
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved