Breaking News:

Berita Nasional

Kalbe Farma Segera Uji Klinis Vaksin Covid-19 GX-19N dari Korsel, Sudah Dapat Izin BPOM

Kalbe Farma Segera Uji Klinis Vaksin Covid-19 GX-19N dari Korsel, Sudah Dapat Izin BPOM

Editor: yayan isro roziki
Humas BNPB
Ilustrasi vaksin Covid-19 yang akan disuntikkan kepada penerima vaksin. 

TRIBUNPANTURA.COM - Varian vaksin COvid-19 di yang dipakai di Indonesia di masa mendatang dipastikan akan bertambah.

Ini setelah PT Kalbe Farma dipastikan segera menggelar uji klinis terhadap vaksin GX-19N, yang berasal dari Korea Selatan (Korsel).

PT Kalbe Farma Tbk sudah mendapat izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk pelaksanaan uji klinik tahap 2b/3 untuk vaksin GX-19N di Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Badan POM Penny K. Lukito dalam konferensi pers bertajuk Dapatkan Persetujuan Badan POM, Kalbe Lakukan Uji Klinik Vaksin GX-19N, Jumat (9/7/2021).

Pelaksanaan uji klinik dari tahap 2b/3 akan dimulai Juli 2021 dan diharapkan dapat melakukan analisa interim untuk keamanan dan efikasi, yakni kemampuan vaksin dalam memicu kekebalan tubuh terhadap infeksi Covid-19, pada akhir tahun  2021.

"Badan POM mendukung berbagai upaya pengembangan dan penelitian vaksin dan obat untuk mendukung upaya keluar dari Covid-19 termasuk vaksin GX-19N," kata Penny.

Uji klinik ini merupakan tahapan penting untuk mendapatkan data khasiat dan keamanan untuk mendukung proses registrasi vaksin Covid-19.

"Kami harapkan pelaksanaan uji klinik (vaksin GX-19N) ini memenuhi betul aspek scientifik dan menjunjung tinggi etika penelitian sesuai dengan pedoman Cara Uji Klinik yang Baik," ujarnya.

Tidak hanya BPOM, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga turut andil menyambut akan dilaksanakannya uji klinik vaksin GX-19N yang akan dilakukan Kalbe Farma di Indonesia ini.

Menurut, Plt. Direktur Jenderal Pencegahan d an Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, dr Maxi Rein Rondunuwu, DHSM, MARS mengatakan, Kemenkes menyambut baik dan mendukung pengembangan vaksin Covid-19 GX-19N, yang nantinya bisa menambah pemenuhan kebutuhan vaksin Covid-19 di Indonesia. 

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved