Breaking News:

Bisnis dan Keuangan

Garuda di Ambang Kebangkrutan, Serikat Karyawan Surati Presiden Jokowi, Begini Isinya

Garuda di Ambang Kebangkrutan, Serikat Karyawan Surati Presiden Jokowi, Begini Isinya

Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Armada Garuda Indonesia yang tengah berada di airside Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali. 

TRIBUNPANTURA.COM, JAKARTA - Maskapai pelat merah, PT Garuda Indonesia, di ambang kebangkrutan, dampak dari pandemi Covid-19, serta salah tata kelola pada masa lalu.

Garuda Indonesia telah mem-PHK 2.000 karyawan, dan lebih dari 1.000 kayawan lainnya juga bakal mengalami nasib yang sama.

Gabungan serikat pekerja atau serikat bersama (Sekber) di Garuda pun mengirimkan surat kepada Presiden Joko 'Jokowi' Widodo.

Serikat Bersama (Sekber) PT Garuda Indonesia mengirimkan surat berisi permohonan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menyelamatkan maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia dari ambang kebangkrutan.

"Dapat kami sampaikan bahwa kondisi flag carrier Garuda Indonesia saat ini berada di ambang kebangkrutan, akibat dampak pandemi Covid-19."

"Di mana kondisi ini sangat berpengaruh terhadap kegiatan operasional," demikian tulis Sekber PT Garuda Indonesia dalam suratnya, dilansir dari Antara, Kamis (15/7/2021).

Sekber PT Garuda Indonesia menilai, selain dampak dari pandemi Covid-19, adanya beban masa lalu terkait pengadaan pesawat dan mesin yang dilakukan oleh direksi di masa lalu, membuat Garuda semakin limbung.

Dan juga adanya dampak dari tidak terkelola maksimal beberapa potensi lini bisnis, di antaranya captive market corporate account atau semua perjalanan dinas instansi pengguna APBN dan Non APBN, lini bisnis kargo, dan lini bisnis charter.

Serikat karyawan ini mengungkapkan internal Garuda Indonesia telah melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Dari total karyawan pada 2019 sejumlah 7.900 telah berkurang 2.000 karyawan pada 2020 dan saat ini di tahun 2021 sedang dalam proses PHK yang direncanakan berkurang lebih dari 1.000 karyawan.

Selain terjadi PHK, karyawan yang masih aktif bekerja dilakukan pemotongan dan penundaan pembayaran gajinya.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved