Breaking News:

Berita Slawi

Bed Pasien Covid-19 di Kabupaten Tegal Jadi 506 Unit, Tersebar di 9 Lokasi, Ini Rinciannya

bed / Tempat Tidur Pasien Covid-19 di Kabupaten Tegal Jadi 506 Unit, Tersebar di 9 Tempat/Lokasi, Ini Rinciannya. ICU bertambah jadi 37 tempat tidur

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: yayan isro roziki
Humas Pemkab Tegal
Bupati Tegal Umi Azizah, sedang mengecek Rusunawa RSUD Suradadi yang dijadikan tempat isolasi terpusat bagi pasien Covid-19 tanpa gejala dan bergejala ringan, Senin (19/7/2021). 

Kapasitas tempat tidur atau ranjang perawatan untuk pasien Covid-19 di Kabupaten Tegal bertambah 105, dari semula 401 tempat tidur menjadi 506 ranjang perawatan yang tersebar di 9 rumah sakit (RS). Sementara, kapasitas ICU dari semula 22 menjadi 37 tempat tidur atau tembah 15 unit, tersebar di 4 RS.

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Seiring bertambahnya kasus Covid-19 di Kabupaten Tegal, kebutuhan pelayanan kesehatan bagi pasien terkonfirmasi juga meningkat.

Sebelumnya, di Kabupaten Tegal tersedia 401 tempat tidur isolasi dan 22 tempat tidur ICU untuk merawat pasien Covid-19.

Namun karena jumlah kasus masih terus meningkat, maka bertahap kapasitas tempat tidur di rumah sakit dan ICU ditambah.

Informasi tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal Hendadi Setiadji, pada Tribunpantura.com, belum lama ini.

Harapannya dengan penambahan tempat tidur ini bisa menampung pasien Covid-19 yang menjalankan isolasi mandiri di rumah sakit.

"Kapasitas tempat tidur di rumah sakit bertambah menjadi 506 tempat tidur isolasi, sedangkan untuk di ICU bertambah menjadi 37 tempat tidur."

"Penambahan tersebut menyebar di seluruh rumah sakit yang menjadi rujukan pasien Covid-19 di Kabupaten Tegal," jelas Hendadi.

Selain menambah tempat tidur bagi pasien Covid-19 di rumah sakit, menurut Hendadi Pemkab Tegal juga menghadirkan tempat isolasi terpusat di beberapa lokasi.

Adapun tempat isolasi terpusat yang diharapkan bisa mengatasi lonjakan pasien Covid-19 belum lama ini diresmikan oleh Bupati Tegal Umi Azizah.

Tempat isolasi terpusat ini yaitu Rusunawa RSUD Suradadi yang memiliki 132 tempat tidur dengan masing-masing unit (kamar) bisa diisi tiga orang di ruang terpisah.

BLK Suradadi menyediakan 56 tempat tidur, eks Puskesmas Penusupan Pangkah ada 25 tempat tidur, Puskesmas Balapulang ada 10 tempat tidur, Puskesmas Pagiyanten ada 12 tempat tidur, Puskesmas Bumijawa ada 10 tempat tidur, dan Puskesmas Jatinegara ada 10 tempat tidur.

Semuanya diperuntukkan bagi pasien kategori Orang Tanpa Gejala (OTG) dan bergejala ringan.

"Kami juga sedang menyiapkan untuk menambah jumlah tempat tidur isolasi di RSUD dr Soeselo Slawi sebanyak 61 tempat tidur, dengan mengubah 38 tempat tidur di ruang Nusa Indah dan 23 tempat tidur di ruang Bougenvil menjadi ruang isolasi," tandasnya.

Berikut rincian daftar penambahan tempat tidur isolasi dan ICU di beberapa rumah sakit di Kabupaten Tegal:

Sumber: Tribun Pantura
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved