Breaking News:

Berita Kendal

Bupati Kendal Dico dan Chacha Frederica Berkurban Sapi Seberat Satu Ton

Bupati Kendal Dico M Ganinduto bersama istri Chacha Frederica dan anaknya mengecek langsung kondisi hewan kurbannya di rumah dinas (rumdin)

Penulis: Saiful Masum | Editor: muh radlis
TRIBUN JATENG/SAIFUL MA'SUM
Bupati Kendal Dico M Ganinduto bersama istri Chacha Frederica mengecek hewan kurbannya di rumdin bupati, Selasa (20/7/2021). 

TRIBUNPANTURA.COM, KENDAL - Bupati Kendal Dico M Ganinduto bersama istri Chacha Frederica dan anaknya mengecek langsung kondisi hewan kurbannya di rumah dinas (rumdin) bupati, Selasa (20/7/2021) di Kelurahan Jetis, Kecamatan Kota Kendal.

Rencananya, Dico bakal melakukan penyembelihan sendiri 2 ekor sapi yang ditempatkan di rumah dinas esok hari, Rabu (21/7/2021).

Dico mengatakan, dari 2 ekor sapi yang bakal dipotong di rumdin, merupakan sapi pilihan. Satu ekornya mencapai berat lebih dari 1 ton. Dengan harapan, dapat menghasilkan daging yang banyak untuk dibagi-bagikan kepada warga sekitar.

"Ini akan dikurbankan besok, katanya sapi terbesar di Kendal lebih dari 1 ton. Kita sudah keliling-keliling ke peternak di Kendal," terangnya.

Dua ekor sapi tersebut dikhususkan kepada keluarganya dan masyarakat Kendal. Ia bersama sang istri juga berkesempatan mengecek langsung sapi kurbannya agar tetap terawat dengan baik.

Dico mengatakan, selain dua ekor sapi di rumah dinas, pihaknya juga mendistribusikan puluhan sapi ke tiap-tiap kecamatan. Penyembelihan dijadwalkan serentak esok hari bersama panitia penyembelihan hewan kurban tiap kecamatan.

"Tahun ini total lebih dari 20 sapi. Dua ekor akan saya potong sendiri di rumah dinas. Satu diniatkan untuk keluarga dan selebihnya untuk masyarakat Kendal.  Semoga Allah meridhoi niat kami, dan ini bisa membantu masyarakat Kendal," ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Chacha Frederica dengan getol membersihkan hewan kurbannya agar terlihat bersih sebelum disembelih. Ia juga mengingatkan kepada panitia penyembelihan agar merawat sapinya dengan baik, termasuk memberikan makan yang banyak.

Aktris cantik ini juga mengingatkan kepada panitia penyembelihan hewan kurban agar tetap menaati protokol kesehatan saat dilakukan pemotongan hewan. Termasuk memperhatikan tatacara penyembelihan hewan dengan baik dan benar.

"Kita harus bersihkan dulu hewan yang akan kita kurban, jangan lupa beri makan. Nanti saat penyembelihan juga harus sesuai syariahnya, misal harus dipisahkan saat pemotongan, karena harus melihat adabnya," terangnya.

Berdasarkan data yang diterima Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kendal, terdapat beberapa panitia pelaksanaan pemotongan hewan kurban sudah melakukan penyembelihan pada hari pertama Iduladha. Sebagian tetap mengikuti anjuran pemerintah untuk melakukan pemotongan hewan kurban mulai 21 Juli nanti. (Sam)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved