Breaking News:

Berita Slawi

Camilan Asli Kabupaten Tegal, Kacang Bogares Cocok untuk Dijadikan Oleh-oleh

Bagi anda yang berkesempatan mampir atau berkunjung ke Kabupaten Tegal, jangan lupa membeli oleh-oleh salah satu yang bisa dijadikan pilihan

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: muh radlis
TRIBUN PANTURA/DESTA LEILA KARTIKA
Pemilik Toko Oleh-oleh Kacang Bogares RAPI, Supriyati atau Upi (46), saat menunjukan kemasan kacang bogares yang dijual di toko miliknya yang beralamat di jalan raya Bogares Kidul, RT 2 RW 1, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, Minggu (25/7/2021). 

TRIBUNPANTURA.COM, SLAWI - Bagi anda yang berkesempatan mampir atau berkunjung ke Kabupaten Tegal, jangan lupa membeli oleh-oleh salah satu yang bisa dijadikan pilihan yaitu kacang bogares yang memiliki tekstur rasa lebih gurih dari kacang biasanya.

Sesuai namanya, Bogares sendiri merupakan nama salah satu Desa yang ada di Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal yaitu Desa Bogares Kidul.

Di daerah tersebut, sebagian warganya memiliki usaha toko oleh-oleh yang menjual beragam jenis jajanan dan satu yang menjadi ikon yaitu kacang bogares.

Tribunjateng.com, berhasil menemui salah satu pemilik Toko oleh-oleh yang juga memproduksi (mengolah) sendiri kacang bogares yang kemudian dipasarkan di toko miliknya.

Supriyati atau yang disapa Upi, merupakan pemilik toko oleh-oleh Kacang Bogares RAPI, yang berlokasi di Jalan raya Bogares Kidul, RT 2 RW 1, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal.

Bercerita mengenai sejarah toko oleh-oleh miliknya, Upi mengaku ia meneruskan usaha milik orangtua nya yang sudah ada sejak tahun 1950 an. Kemudian ia kelola sendiri pada tahun 2006 sampai sekarang.

Nama RAPI merupakan gabungan dari nama sang ayah dengan dirinya yaitu Rasmadi dan Upi sehingga disingkat RAPI. 

Sedangkan untuk sejarah kacang bogares sendiri, menurut cerita dari orangtua Upi selain karena berasal dari nama daerah juga tekstur rasa yang memiliki ciri khas tersendiri.

Dengan kata lain, meski di daerah lain mungkin ada jenis kacang yang serupa, namun dari segi rasa kacang bogares berbeda sehingga tidak menggunakan embel-embel kacang bogares.

"Perbedaan kuncinya ada di rasa yang lebih gurih dan kalau dimakan tidak membuat pusing. Karena menurut beberapa konsumen jika terlalu banyak makan kacang bisa menimbulkan pusing sedangkan kacang bogares tidak," ujar Upi, pada Tribunjateng.com, Minggu (25/7/2021). 

Halaman
123
Sumber: Tribun Pantura
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved