Breaking News:

Berita Batang

Batang Kembali Raih Penghargaan Kota Layak Anak Tingkat Pratama

Pemerintah Kabupaten Batang berhasil meraih Penghargaan Kabupaten/Kota Menuju Layak Anak (KLA) 2021 Tingkat Pratama yang diberikan oleh

Penulis: dina indriani | Editor: muh radlis
IST
Wakil Bupati Batang Suyono, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Bapelitbang) Ari Yudianto, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Supriyono saat menerima penghargaan Kota Layak Anak secara virtual di Ruang Command Center, Kabupaten Batang, Kamis (29/7/2021). 

TRIBUNPANTURA.COM, BATANG - Pemerintah Kabupaten Batang berhasil meraih Penghargaan Kabupaten/Kota Menuju Layak Anak (KLA) 2021 Tingkat Pratama yang diberikan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) secara virtual dalam webinar “Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA)” di Ruang Command Center, Kabupaten Batang, Kamis (29/7/2021).

Penghargaan tersebut diberikan kepada 275 Kota/Kabupaten di seluruh Indonesia dengan 24 Indikator dengan proses evaluasi KLA melalui 4 tahap yaitu Penilaian Mandiri, Verifikasi Administrasi, Verifikasi Lapangan dan Verifikasi Final.

Menteri PPA Indonesia I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengatakan dalam rangka mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing, sehingga semua harus menyatukan kekuatan untuk memenuhi hak dan melindungi hak anak kita, untuk itu dibentuklah KLA Pada tahun 2021. 

“Penghargaan KLA akan diberikan kepada daerah yang memiliki komitmen tinggi untuk mendukung perlindungan hak dan perlindungan khusus anak melalui proses evaluasi yang dilakukan tim dari KemenPPPA,” jelasnya. 

Lebih lanjut dia menjelaskan, evaluasi dilakukan untuk mengukur capaian kinerja pelaksanaan 24 indikator yang pernah ditetapkan, yang pada akhirnya bermuara pada penghargaan KLA yang terdiri dari 5 peringkat yaitu Pratama, Madya, Ninya, Utama, dan KLA. 

Pada tahun 2021 perolehan total penghargaan KLA  mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2019, dari 229 menjadi 275 Kabupaten/Kota.

“Dengan bergandengan tangan, bersinergi, berkolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan mencitrakan berperilaku yang positif, yakinlah Indonesia akan bangkit menjadi negara yang maju dan hebat menuju Indonesia layak anak di tahun 2030 dan Indonesia emas tahun 2040,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas DP3AP2KB Kabupaten Batang, Supriyono mengatakan pihaknya bersyukur bahwa bisa mempertahankan pada tingkat ini.

“Harapan setelah Pratama kan Madya, karena situasi dan kondisi yang seperti ini Alhamdulillah kami masih bisa mempertahankan Pratama, mudah-mudahan di tahun-tahun berikutnya bisa mendapatkan predikat Madya,” pungkasnya.(din)

Sumber: Tribun Pantura
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved