Breaking News:

Hibah Rp2 T Akidi Tio

Gaduh Hibah Rp2 T Akidi Tio karena Polisii Tidak Hati-hati, Kapolda: Maaf, Ini Kelemahan Saya

Gaduh Hibah Rp2 T Akidi Tio karena Polisii Tidak Hati-hati, Kapolda: Maaf, Ini Kelemahan Saya

Editor: yayan isro roziki
TribunSumsel.com/Istimewa
Kapolda Sumsel, Irjen Pol Eko Indra Heri. 

TRIBUNPANTURA.COM, PALEMBANG - Heboh dan kegaduhan atas polemik dana sumbangan atau hibah Rp 2 triliun dari keluarga almarhum Akidi Tio, terjadi karena kelemahan dan kekuranghati-hatian polisi.

Karena itu, Kapolda Sumsel, Irjen Pol Eko Indra Heri, meminta maaf kepada masyarakat Indonesia, Kapolri dan unsur Forkompimda Sumsel atas kegaduhan yang terjadi.

Diakuinya, sebagi individu, ia lemah dalam menerapkan kehati-hatian atas hibah ini.

"Saya mohon maaf atas kegaduhan yang terjadi ini. Kegaduhan ini terjadi atas kelemahan saya sebagai individu yang tidak hati-hati," ujarnya di Mapolda Sumsel, Kamis (5/8/2021).

Ia mengatakan, sebagai seorang manusia ia tidak terlepas dari kesalahan. Untuk itu, ia sebagai pribadi dan Kapolda Sumsel memohon maaf.

"Kegaduhan terjadi karena kelamahan saya sebagai individu, " tegasnya.

Kata Kompolnas

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), akhirnya buka suara soal sumbangan Rp2 triliun dari Akidi Tio.

Komisioner Kompolnas Poenky Indarti, mengatakan, komponas menilai, Kapolda Sumsel, Irjen Pol Eko Indra Heri tidak menerapkan prinsip kehati-hatian terkait bantuan Rp2 triliun dari Akidi Tio tersebut.

Sehingga bantuan itu menimbulkan polemik, karena hingga sekarang sumbangan Rp2 triliun yang dijanjikan belum ada kejelasan.

“Memang Polri diberi kewenangan untuk menerima hibah dan ada aturan undang-undang tentang perbendaharaan negara.

Kemudian ada PP tentang tata cara penerimaan hibah, ada juga berkas tentang mekanisme pengelolaan hibah di lingkungan Polri,” jelas Poenky Indarti kepada Kompas.tv

“Tapi memang prinsip-prinsipnya ya memang harus dipenuhi jadi ini ada prinsip transparan, akuntable, efektif, efisien, kehati-hatian, teliti, dan cermat kalau kita melihat kan dari sini teliti dan cermat tampaknya kurang diperhatikan.” (*)

Artikel ini telah tayang di Sripoku.com dengan judul BREAKING NEWS : Kapolda Sumsel Minta Maaf Atas Kegaduhan Sumbangan Rp 2 Triliun Akidi Tio

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved