Breaking News:

Berita Batang

Ini Syarat Terbaru Bagi Pekerja Penerima Bantuan Subsidi Upah dari Kemenaker

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memastikan akan kembali mencairkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) di Tahun 2021.

Penulis: dina indriani | Editor: muh radlis
IST
Kepala BPJamsostek Cabang Batang Bambang Indriyanto bersama Zoom Meeting bersama Kepala Disnaker Batang, Suprapto saat menjelaskan syarat baru bantuan BSU di Ruang Analitik Diskominfo, Kabupaten Batang, Kamis (5/8/2021). 

TRIBUNPANTURA.COM, BATANG - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memastikan akan kembali mencairkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) di Tahun 2021.

Pencairan akan dilakukan berdasarkan data tenaga kerja aktif yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan periode 30 Juni 2021. 

Kepala BPJamsostek Cabang Batang Bambang Indriyanto mengatakan untuk BSU kali ini terdapat syarat terbaru bagi penerima.

“Seperti Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Republik Indonesia No. 16 Tahun 2021 tentang perubahan atas peraturan menteri ketenegakerjaan No. 14 Tahun 2020 tentang pedoman pemberian bantuan berupa subsidi gaji/upah bagi pekerja/buruh dalam penanganan dampak COVID-19,” terang Bambang pada acara Zoom Meeting bersama Kepala Disnaker Batang, Suprapto di Ruang Analitik Diskominfo, Kabupaten Batang, Kamis (5/8/2021).

Lebih lanjut dia menjelaskan, calon penerima BSU adalah karyawan atau pekerja yang bekerja pada Pemberi Kerja atau Badan Usaha dengan maksimal gaji yang dilaporkan ke BPJamsostek maksimal Rp 3,5 Juta per bulan.

Dan jika upah minimum setempat lebih tinggi dari upah yang dipersyaratkan pada permenaker No. 16 tahun 2016, maka mengacu pada upah minimum provinsi yang berlaku di wilayah tersebut.

Kemudian penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) merupakan karyawan yang masa kepesertaan aktif BPJamsostek tercatat hingga bulan Juni 2021.

Adapun untuk besaran BSU di tahun 2021 ini hanya sebesar Rp 1 Juta per orang yang diserahkan dalam 1 kali pembayaran dengan mekanisme transfer melalui rekening Bank Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) masing-masing peserta. 

“Selain itu penyaluran dana BSU ini diberikan kepada pekerja terdampak di wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 dan 4 di seluruh Indonesia sesuai lampiran Permenaker No. 16 tahun 2021,” pungkasnya.

Sumber: Tribun Pantura
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved