Breaking News:

Berita Slawi

Kisah Elin Awalnya Iseng Kini Jadi Pengusaha Bawang Goreng, Pengiriman hingga ke Luar Negeri

Berawal dari hobi membuat dan memakan bawang goreng kemudian dibagikan ke tetangga, teman, dan saudara, siapa sangka bisa menjadi peluang usaha

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: muh radlis
TRIBUN PANTURA/DESTA LEILA KARTIKA
Kristin Elin Alfiah, saat menawarkan produk bawang goreng kembar miliknya kepada Bupati Tegal Umi Azizah, di momen launching program Nglarisi Jajan Wonge Dewek, Rabu (4/8/2021) lalu di Aula DisdagkopUKM Kabupaten Tegal. 

TRIBUNPANTURA.COM, SLAWI - Berawal dari hobi membuat dan memakan bawang goreng kemudian dibagikan ke tetangga, teman, dan saudara, siapa sangka bisa menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan?

Bahkan pengiriman sampai keluar negeri?

Inilah sepenggal cerita dari Kristin Elin Alfiah saat awal merintis usaha Bawang Goreng Kembar miliknya.

Mulai serius menjalani usaha bawang goreng sejak akhir tahun 2017, perempuan yang kerap disapa Elin ini mengaku awalnya hanya iseng dan tidak ada niatan untuk memulai usaha terlebih menjual bawang goreng.

Ia pun tidak menyangka dari keisengannya membuat bawang goreng kemudian membagikan ke tetangga dan orang terdekat, malah membuka peluang usaha yang bertahan sampai sekarang.

Karena setelah membagikan bawang goreng buatannya, banyak teman-teman, saudara yang kemudian memesan karena menilai bawang goreng buatan Elin enak. 

"Kalau untuk bawang goreng awalnya saya memang sering membuat untuk dikonsumsi sendiri dan sesekali dibagikan ke tetangga. Terkadang saat menjenguk teman yang sakit, melahirkan, saya bawa kado plus bawang goreng buatan saya, setelahnya mereka berkomentar semisal bawang nya enak saya mau pesan, nah dari situ mulai serius menjalankan usaha bawang goreng kembar," ungkap Elin, saat ditemui Tribunjateng.com, Rabu (4/8/2021).

Mulai serius menjalankan usaha pada akhir tahun 2017 kemudian berkembang, saat ini Elin juga menjual aneka olahan ayam kampung. Ada ayam ungkep utuh satu ekor, ayam rica-rica, ayam bumbu swike, ayam opor, dan ayam goreng. 

Sesuai namanya, bawang goreng kembar dipilih karena Elin memiliki anak kembar yang saat ini turut membantu dalam proses produksi.

Selain dibantu oleh kedua anak kembarnya, Elin juga dibantu oleh lima karyawan yang memiliki tugas masing-masing. Ada yang mengupas bawang, mengiris bawang, menggoreng, mengemas, dan lain-lain.

Halaman
123
Sumber: Tribun Pantura
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved