Breaking News:

Berita Slawi

Peringati HUT Kemerdekaan ke-76 RI, 24 Napi di Lapas Kelas llB Slawi Dapat Pengurangan Hukuman

Peringati HUT Kemerdekaan ke-76 RI, 24 Narapidana Lapas llB Slawi Dapat Pengurangan Hukuman

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: yayan isro roziki
Tribunpantura.com/Desta Leila Kartika
Kalapas Kelas IIB Slawi Mardi Santoso, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (17/8/2021). Mardi menjelaskan mengenai jumlah penerima remisi umum pada HUT RI ke-76 tahun ini. 

TRIBUNPANTURA.COM, SLAWI - 224 warga binaan lembaga permasyarakatan (Lapas) Kelas llB Slawi Tegalandong, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal mendapat remisi umum HUT RI ke-76, Selasa (17/8/2021). 

Remisi (pengurangan masa hukuman) yang diterima bervariasi mulai dari satu bulan dan paling banyak enam bulan. 

Bahkan menurut Kalapas Kelas IIB Slawi Mardi Santoso, pada peringatan 17 Agustus tahun ini ada satu warga binaan yang mendapat remisi umum (RU) ll atau bisa langsung bebas. 

Adapun pemberian remisi umum tersebut merupakan salah satu pemenuhan hak narapidana yang telah memenuhi syarat, di antaranya sudah menjalani minimal enam bulan, berkelakuan baik, dan persyaratan lainnya sesuai Permenkumham nomor 18 tahun 2019.

Selain itu, pemberian remisi pengurangan masa hukuman juga sesuai surat keputusan (SK) Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, nomor PAS-880PK.01.05.06 tahun 2021 tentang pemberian remisi umum 17 Agustus 2021. 

"Pada momen peringatan HUT RI ke-76, dari total keseluruhan warga binaan lapas llB Slawi sebanyak 325 orang yang mendapat remisi ada 224 orang."

"Rinciannya yang mendapat remisi umum l ada 223 orang dan remisi umum ll atau langsung dibebaskan ada 1 orang," jelas Mardi, pada Tribunpantura.com, Selasa (17/8/2021).

Mardi mengungkapkan, dari total 325 warga binaan terdiri dari 306 Narapidana dan 19 orang tahanan.

Sedangkan perolehan remisi umum l tahun 2021 rinciannya yang mendapat remisi 1 bulan sebanyak 50 orang, 2 bulan 54 orang, 3 bulan ada 53 orang, 4 bulan ada 25 orang, 5 bulan ada 38 orang, dan 6 bulan ada 3 orang, sehingga total ada 223 orang.

Remisi umum ll atau langsung bebas ada 1 orang. Sehingga total keseluruhan ada 224 orang.

"Saya ucapkan selamat kepada narapidana yang mendapat RU l ataupun RU ll yang langsung bebas."

"Pemberian remisi merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah kepada mereka yang menunjukkan prestasi, disiplin, dan mengikuti program pembinaan dengan baik."

"Harapannya dengan remisi ini bisa menjadi motivasi bagi narapidana lainnya untuk menjadi lebih baik dan pada akhirnya bisa kembali ke masyarakat dengan baik," ungkapnya.

Pada kesempatan ini, tak lupa Mardi mengucapkan rasa terima kasihnya kepada pemerintah Kabupaten Tegal yang kali ini diwakili oleh Wakil Bupati Tegal Sabilillah Ardie, karena berkenan hadir untuk menyaksikan penyerahan SK Menkumham RI secara simbolis kepada perwakilan narapidana yang mendapat remisi. (dta)

Sumber: Tribun Pantura
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved