Breaking News:

Berita Slawi

Bayi Kembar Siam 2 Kepala 1 Tubuh Lahir di Slawi, Ibu Tahu Sejak Hamil 4 Bulan, Begini Kondisinya

Bayi Kembar Siam di Slawi Lahir 2 Kepala 1 Tubuh, Ibu Tahu Sejak Hamil 4 Bulan, Begini Kondisinya. apakah memungkinkan dipisahkan? Begini kata dokter

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: yayan isro roziki
Tribunpantura.com/Desta Leila Kartika
Pegawai RSUD dr Soeselo Slawi Kabupaten Tegal menunjukkan foto bayi kembar siam berjenis kelamin perempuan yang terlahir dengan kondisi memiliki dua kepala pada satu tubuh, Sabtu (21/8/2021).  

Bayi kembar siam, dengan dua kepala dalam satu badan berjenis kelamin perempuan, lahir di RSUD dr Soeselo Slawi. Ibu bayi kembar siam tersebut, Mudirah, mengetahui kelainan janin yang dikandungnya sejak usia kehamilan 4 bulan. Kini bayi tersebut dirujuk ke RSUP dr Kaiadi Semarang.

TRIBUNPANTURA.COM, SLAWI - Bayi kembar siam dengan kondisi dua kepala pada satu tubuh berjenis kelamin perempuan lahir di RSUD dr Soeselo Slawi, pada Jumat (20/8/2021) sekitar pukul 23.15 WIB. 

Bayi tersebut dilahirkan melalui operasi cesar (sesar).

Wakil Direktur Pelayanan RSUD dr Soeselo Slawi, Titis Cahyaningsih, mengatakan ibu bayi tersebut merupakan pasien rujukan dari Puskesmas Kambangan Lebaksiu.

Dituturkan, mulanya sang ibu datang ke Puskesmas tersebut untuk proses bersalin, namun lantaran kondisinya yang tidak memungkinkan maka dirujuk ke RSUD dr Soeselo Slawi pada sekitar pukul 20.00 WIB.

Setelah dilakukan pemeriksaan, diputskan sang ibu harus melahirkan dengan cara bedah cesar.

Hingga pada pukul 23.15 WIB berhasil dilahirkan bayi berjenis kelamin perempuan dengan kondisi kembar siam.

"Menurut informasi dari sang ibu, bayi kembar siam ini merupakan anak keempat."

"Kondisi anak dalam istilah kedokteran bernama kembar thoracopagus atau xiphopagus dan sudah diketahui sejak awal kandungan oleh orangtuanya," ujar Titis, saat ditemui Tribunpantura.com, Sabtu (21/8/2021).

Dikatakan, bayi kembar siam anak dari pasangan Mudirah dan Rojikin saat ini dirawat di ruang perinatologi resiko tinggi RSUD dr Soeselo Slawi.

Kondisinya masih belum stabil, mengingat kondisinya yang memang berbeda dari bayi normal pada umumnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Pantura
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved