Breaking News:

Berita Regional

Kementerian Koperasi dan UKM Gandeng Blibli Promosikan Produk UKM Jateng

Lonjakan kasus Covid-19 selama dua bulan terakhir membuat semakin banyak pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dari seluruh penjuru

Penulis: Like Adelia | Editor: muh radlis
IST
Ilustrasi live shoping 

‚ÄčTRIBUNPANTURA.COM, JAKARTA - Lonjakan kasus Covid-19 selama dua bulan terakhir membuat semakin banyak pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dari seluruh penjuru Tanah Air angkat tangan, termasuk di Jawa Tengah.

Dari hal tersebut, Kementerian Koperasi dan UMKM / UKM (Kemenkop) dan marketplace Blibli pun mengadakan inisiasi Live Shopping Produk UKM Provinsi Jateng.

Program ini merupakan program belanja online yang ditekankan pada subsektor Kuliner, Fesyen & Kriya, serta Kesehatan & Kecantikan.

Keputusan Kemenkop UMKM / UKM dan Blibli untuk ‘menyambangi’ Provinsi Jateng sendiri bukannya tanpa alasan.

Berdasarkan statistik yang tertera pada situs Dinkop-umkm.jatengprov.go.id, diketahui jika total aset UMKM di Jateng mengalami kemerosotan hingga lebih dari Rp 120 miliar akibat pandemi.

Penurunan ini diikuti oleh kemerosotan omzet yang menyentuh angka 50%.

Dampaknya, jumlah tenaga kerja pada sektor ini pun menyusut dari angka 88.849 (sebelum pandemi), menjadi 65.443 (sesudah pandemi).

Bila dipersentasekan, sekitar 15% tenaga kerja UMKM di Jateng telah dirumahkan atau menganggur sejak dimulainya wabah Covid-19.

‚ÄčDengan data tersebut, program Live Shopping Produk UKM Provinsi Jateng merupakan langkah strategis yang bertujuan sebagai wadah promosi produk UKM Provinsi Jateng agar dapat bangkit di masa pandemic ini.

“Provinsi Jateng punya potensi wisata kuliner, fesyen sampai Kesehatan dan kecantikan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved