Breaking News:

Berita Brebes

KNKT Ungkap Penyebab Seringnya Kecelakaan di Flyover Kretek Brebes, Ada Bahaya Tersembunyi

KNKT Ungkap Penyebab Seringnya Kecelakaan di Flyover Kretek Brebes, Ada Bahaya Tersembunyi

Penulis: iwan Arifianto | Editor: yayan isro roziki
Tibunpantura.com/MADUKH ADI P
Tim dari Polres Brebes, Dishub Brebes dan Dishub Jateng meninjau kecelakaan lalu lintas yang melibatkan truk trailer yang nyungsep di Flyover Kretek, Kecamatan Paguyangan, Brebes, November 2017 silam. 

KNKT mengungkap penyebab maraknya kecelakaan lalu lintas yang terjadi di flyover Kretek, Brebes. Ada bahaya tersembunyi, sehingga sosialisasi kepada para sopir truk harus dimasifkan.

TRIBUNPANTURA.COM, SEMARANG - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyebut Flyover Kretek Brebes bukan salah desain melainkan ada Geometric Trap. 

Geometric trap atau jebakan geometrik adalah desain geometrik jalan yang sekalipun sudah sesuai dengan kaidah dan standar geometrik internasional maupun regulasi Pemerintah, namun tetap memiliki hidden hazard. 

Artinya, ada bahaya yang tersembunyi bagi para penggunanya.

"Jadi bukan desainnya yang salah. Desain Flyover Kretek Brebes sudah memenuhi kaidah geometrik," papar Senior Investigator KNKT Ahmad Wilda kepada Tribunpantura.com, Jumat (27/8/2021).

Ia melanjutkan, KNKT sedang bahu membahu dengan para pemangku kepentingan lainnya untuk mengatasi masalah kecelakaan berulang pada beberapa lokasi.

Yang mana saat ini ada lima lokasi yg akan dijadikan role model oleh Bappenas. 

Di antara lima lokasi dimaksud adalah Flyover Kretek di Bumiayu Kabupaten Brebes

"Ada bahaya di Flyover Kretek di Bumiayu dan pemerintah sudah berupaya menanggulangi hal itu," bebernya.

Ia menuturkan,desain flyover Kretek itu sudah memenuhi kaidah geometrik, baik terkait dengan lajur pendakian maupun slope turunannya. 

Halaman
1234
Sumber: Tribun Pantura
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved