Breaking News:

Berita Jateng

Sukirman Sebut Pegiat Kesenian Tradisional Butuh Perhatian Pemerintah

Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah, Sukirman mengatakan, pegiat kesenian tradisional membutuhkan perhatian selama masa pandemi Covid-19.

Penulis: m zaenal arifin | Editor: muh radlis
IST
Wakil Ketua DPRD Jateng, Sukirman, menyerap aspirasi para pegiat kesenian tradisional di Kabupaten Pemalang, kemarin. 

TRIBUNPANTURA.COM, SEMARANG - Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah, Sukirman mengatakan, pegiat kesenian tradisional membutuhkan perhatian selama masa pandemi Covid-19.

Terlebih, selama kebijakan PPKM berlangsung sampai sekarang ini, mereka tak bisa mencari nafkah.

Sukirman mengatakan, PPKM membatasi mobilitas semua warga supaya tidak ada penularan Covid-19. Namun, para penggiat kesenian bila tidak menggelar pertunjukkan seni maka mereka tidak bisa mendapatkan nafkah.

"Pegiat seni tradisional sering kali tidak begitu terlihat oleh publik luas dan juga pemerintah.

Seharusnya mulai saat ini harus ada dukungan penuh bagi mereka yang menggeluti pelestarian kesenian daerah selain juga sebagai mata pencaharian," kata Sukirman, dalam rilisnya, Jumat (27/8/2021).

Hal itu disampaikan Sukirman di sela-sela reses dengan menghadirkan para perwakilan penggiat seni budaya di Kabupaten Pemalang yang juga diikuti paguyuban pranatacara dan Dewan Kesenian Pemalang.

legislator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menilai, sudah saatnya pegiat seni budaya tradisional juga mendapatkan bantuan sama seperti profesi lainnya.

Ia berjanji, DPRD akan terus mendukung kegiatan kesenian tradisional dan bersama dinas terkait akan merancang berbagai program untuk mengangkat kembali kesenian daerah selama masa pandemi ini.

"Berbagai program yang dapat direncanakan selama masa pandemi dan pembatasan sosial adalah pertunjukan lewat virtual walaupun atmosfer akan dirasa berbeda bila disaksikan secara langsung," paparnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved