Breaking News:

Berita Jateng

Pos Yankomas, Upaya Kemenkumham Jateng untuk Tangani Dugaan Pelanggaran HAM di Tiap Daerah

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Jawa Tengah telah menyelesaikan 50 aduan masyarakat terkait dugaan

Penulis: m zaenal arifin | Editor: muh radlis
IST
Petugas pos Yankomas di Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah menerima aduan masyarakat terkait dugaan pelanggaran HAM, kemarin. 

TRIBUNPANTURA.COM, SEMARANG - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Jawa Tengah telah menyelesaikan 50 aduan masyarakat terkait dugaan pelanggaran HAM selama 2021 ini.

Banyaknya aduan dugaan pelanggaran HAM tersebut tak lepas dari penempatan Pelayanan Komunikasi Masyarakat (Yankomas) di Kantor Wilayah dan seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah Kemenkumham Jawa Tengah.

Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, A. Yuspahruddin mengatakan, penempatan Yankomas di Kanwil dan seluruh UPT sebagai wujud kehadiran negara dalam setiap permasalahan yang dihadapi masyarakat, utamanya dalam hal pemenuhan HAM.

"Yankomas ini sebagai wadah yang menjadi akses bagi masyarakat untuk melaporkan dugaan pelanggaran HAM.

Selama 2021 ini, Kantor Wilayah Jawa Tengah telah menyelesaikan 50 pengaduan masyarakat," kata Yuspahruddin, dalam rilisnya, Sabtu (11/9/2021).

Ia mengungkapkan, mayoritas permasalahan yang diselesaikan adalah penahanan ijazah yang dilakukan suatu perusahaan terhadap karyawannya.

Dan beberapa aduan lain yang terkait dengan HAM.

"Selain itu, saat ini ada beberapa permasalahan yang sedang dilakukan kajian dan analisis," ujarnya.

Yuspahruddin menyampaikan, Yankomas yang dilakukan Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah diharapkan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Untuk itu, pihaknya akan menjalin sinergitas dengan pemerintah kabupaten/kota dengan menempatkan Yankomas pada Mal Pelayanan Publik (MPP).

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved