Breaking News:

Berita Batang

Disinfektan Ramah Lingkungan Eco-Enzyme dari Limbah Buah dan Sayur, Kreasi PMI Batang

Disinfektan Ramah Lingkungan Eco-Enzyme dari Limbah Buah dan Sayur, Kreasi PMI Batang

Penulis: dina indriani | Editor: yayan isro roziki
Tribunpantura.com/Dina Indriani
Tim relawan PMI Batang melakukan penyemprotan disinfektan menggunakan cairan Eco-Enzyme, Jumat (17/9/2021). 

TRIBUNPANTURA.COM, BATANG -  Puluhan relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Batang bersama personel Satpol PP, TNI dan Polsek Batang mengikuti upacara peringatan HUT ke-76 PMI di Jalan Veteran, Jumat (17/9/2021).

Ketua PMI Kabupaten Batang Achmad Taufiq mengatakan dalam HUT ke-76 ini, PMI mengusung tema 'Bergerak Bersama untuk Sesama' dengan harapan percepatan kebangkitan bangsa Indonesia dari pandemi.

“Saat ini kita masih berada pada masa Pandemi Covid-19, sehingga peringatan hari ulang tahun PMI kita laksanakan secara sederhana, namun tidak mengurangi suasana hikmat,” tuturnya.

Dikatakannya, Peran PMI khususnya yang di Kabupaten Batang diantaranya, penyediaan darah yang aman, penanganan korban bencana alam 

Serta membantu Pemerintah Daerah untuk mengantisipasi dengan melakukan penanganan rumah tidak layak huni yang menjadi program unggulan PMI Kabupaten Batang.

Saat ini PMI juga sedang menggagas penyemprotan disinfektan berbahan limbah buah dan sayur.

"Eco Enzyme yang dihasilkan dari bahan organik ini dinilai lebih baik dan lebih aman sebagai cairan disinfektan" ujarnya.

Pihaknya juga memberikan bantuan Eco Enzyme kepada 30 sekolah yang nantinya akan diberikan edukasi agar bisa memproduksi sendiri.

"Jadi cairan eco enzyme ini bisa menjdi bahan pengetahuan baru untuk pelajar, mereka bisa belajar membuatnya dan bisa dimanfaatkan untuk lingkungan sekitar," imbuhnya.

Setelah rangkaian upacara, relawan PMI melakukan penyemprotan disinfektan Eco Enzyme di sekitar wilayah Batang Kota.

Bupati Batang Wihaji mengatakan,  PMI Kabupaten Batang merupakan organisasi yang selalu tampil di depan dalam konteks kerja untuk kemanusiaan.

Baik dalam konteks bencana alam maupun non alam, khususnya tugas-tugas kemanusiaan apapun yang terjadi ketika kejadian-kejadian yang ada.

“Selama hampir satu tahun delapan bulan kita berdama berjibaku penanganan Covid-19 dengan kondisi naik turun, tetapi PMI tetap setia membantu Pemerintah Daerah mengurangi penyebaran Covid-19, ini patut diapresiasi," pungkasnya.(din)

Sumber: Tribun Pantura
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved