Breaking News:

Berita Slawi

Buka TMMD Sengkuyung Tahap Tiga, Bupati Tegal Umi Azizah: Dorong Perekonomian Warga Desa

Buka TMMD Sengkuyung Tahap Tiga, Bupati Tegal Umi Azizah: Dorong Perekonomian Warga Desa

Humas Pemkab Tegal
Penyerahan pelaksnaan program TMMD dari Bupati Tegal Umi Azizah, kepada Komandan Kodim 0712/Tegal Letkol Inf Charlie Clay Lorando Sondakh, seusai pembukaan secara resmi TMMD Sengkuyung tahap tiga, di Pendopo Amangkurat beberapa waktu lalu. 

TRIBUNPANTURA.COM, SLAWI – Pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap tiga di Desa Karanganyar, Kecamatan Kedungbanteng tahun anggaran 2021 resmi dibuka Bupati Tegal Umi Azizah, di Pendopo Amangkurat, kemarin.  

Pembukaan program ini ditandai dengan penandatanganan berita acara penyerahan program TMMD dari Bupati Tegal kepada Komandan Kodim 0712/Tegal Letkol Inf Charlie Clay Lorando Sondakh.

Melalui sambutannya, Umi menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada jajaran TNI yang akan melaksanakan program TMMD Sengkuyung di Desa Karanganyar, Kecamatan Kedungbanteng. 

Lewat program tersebut akan menghasilkan sejumlah sarana infrastruktur fisik pedesaan seperti perkerasan jalan makadam dan pemasangan gorong-gorong.

Umi pun berharap pembangunan infrastruktur tersebut nantinya dapat mendorong pergerakan ekonomi lokal desa. 

Selain itu, pelaksanaan program ini juga menyasar aspek non fisik berupa penyuluhan tentang protokol kesehatan. 

“Termasuk pembekalan tentang wawasan kebangsaan dan bela negara, penyuluhan kesehatan, pencegahan kenakalan remaja dan narkoba,” kata Umi, dalam rilis yang diterima Tribunpantura.com, Senin (20/9/2021). 

Di akhir sambutannya, Umi menitip pesan kepada kepala Desa dan warga Desa Karanganyar agar dapat menjaga serta memelihara hasil pembangunan dari pelaksanaan program TMMD. 

“Karena bagaimanapun sarana infrastruktur yang berhasil dibangun tersebut adalah buah dari kolaborasi dan kerjasama sinergis dari desa yang didukung kekuatan TNI, kepolisian, dan juga Pemkab Tegal,” pesan Umi. 

Sementara itu, Perwira Pelaksana TMMD Kodim 0712/ Tegal Kapten Inf Shokib Setiyadi, melaporkan jika pelaksanaan program tersebut akan dimulai dari tanggal 15 September hingga 14 Oktober 2021. 

Adapun sasaran TMMD, meliputi perkerasan jalan makadam dengan ukuran panjang 654 meter, lebar 4 meter, dan tinggi 0,20 meter. 

Di samping itu, juga ada pemasangan gorong-gorong berukuran panjang 6 meter dan diameter 0,50 meter.

Sedangkan sasaran non fisik berupa penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara, penyuluhan protokol kesehatan, penyuluhan pencegahan kebencanaan.

Lalu, penyuluhan pemberdayaan masyarakat stunting pada anak, penyuluhan kenakalan remaja dan narkoba, hingga penyuluhan KB kesehatan dan Posyandu.

“Untuk sumber pendanaan TMMD ini berasal dari APBD Provinsi Jawa Tengah senilai Rp132 juta dan APBD Kabupaten Tegal Rp200 juta."

"Sehingga nilai alokasi anggaran TMMD Sengkuyung tahap tiga ini berjumlah Rp 332 juta,” pungkasnya. (dta) 

Sumber: Tribun Pantura
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved