Breaking News:

Berita Slawi

Pengumpulan Bulan Dana PMI di Kabupaten Tegal Tidak Memaksa dan Sukarela

Belum lama ini beredar kabar mengenai pengumpulan bulan dana Palang Merah Indonesia (PMI) yang juga menyasar ke warga penerima bantuan langsung

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: muh radlis
TRIBUN PANTURA/DESTA LEILA KARTIKA
Bupati Tegal Umi Azizah, terlihat sedang berbincang dengan Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal Iman Sisworo, saat bertemu di kegiatan apel Polres Tegal pada Senin (20/9/2021) kemarin. 

TRIBUNPANTURA.COM, SLAWI - Belum lama ini beredar kabar mengenai pengumpulan bulan dana Palang Merah Indonesia (PMI) yang juga menyasar ke warga penerima bantuan langsung tunai (BLT) di wilayah Kabupaten Tegal.

Informasi tersebut pertama kali tersebar di grup whatsApp dan menjadi berbincangan.

Saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal Iman Sisworo mengungkapkan, sampai saat ini pengumpulan bulan dana PMI memang masih berlangsung di sejumlah desa, namun ia menegaskan tidak ada paksaan dan tidak mengikat, alias sukarela.

"Saya tegaskan tidak pernah ada paksaan sama sekali.

Siapa saja yang ingin menyumbang ya silahkan, karena bagi saya semua memiliki posisi yang sama untuk menyumbang," ujar Iman, pada Tribunjateng.com, Selasa (21/9/2021).

Lebih lanjut, Iman menjelaskan, program bulan dana PMI diatur dalam undang-undang nomor 1 tahun 2018 tentang kepalangmerahan.

Maka dari itu, PMI bisa menyelenggarakan bulan dana yang nantinya digunakan untuk membantu masyarakat yang tertimpa musibah.

Baik musibah bencana alam seperti banjir, tanah longsor, dan lain-lain maupun bencana kebakaran.

"Intinya jika tidak menyumbang tidak apa-apa dan kami tidak mempermasalahkan.

Karena dalam petunjuk bulan dana PMI pun memang tidak ada paksaan," tegasnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Pantura
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved