Breaking News:

Berita Kendal

Antisipasi Klaster PTM di Kendal, Disdikbud Terapkan Kebijakan Swab Acak kepada Siswa dan Guru

Antisipasi Klaster PTM di Kendal, Disdikbud Terapkan Kebijakan Swab Acak kepada Siswa dan Guru

Penulis: Saiful Masum | Editor: yayan isro roziki
Tribunpantura.com/Saiful Masum
Tenaga pendidik menegakkan protokol kesehatan terhadap siswa SMP Sabilurrasyad, Ngampel, Kendal, sebelum mengikuti PTM terbatas, Jumat (27/8/2021). 

TRIBUNPANTURA.COM, KENDAL - Pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di sejumlah daerah di Jateng memunculkan klaster baru penularan Covid-19 di lingkungan sekolah.

Hal ini menjadi perhatian serius pemerintah kabupaten (Pemkab) Kendal.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kendal menerapkan swab test antigen secara acak kepada siswa dan guru, pada sekolah yang menggelar PTM terbatas.

Di samping itu, Disdikbud Kendal juga memantau secara ketat penerapan protokol kesehatan (proes) pada 416 sekolah --mulai jenjang PAUD hingga SMP-- yang melaksanakan PTM terbatas.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kendal, Wahyu Yusuf Akhmadi menegaskan, pihaknya akan menggandeng Dinas Kesehatan untuk melakukan tes swab acak kepada siswa dan guru SMP.

Random swab rencananya dimulai pekan depan setelah siswa SMP menyelesaikan PTS.

"Sebenarnya mau kita lakukan tes swab antigen acak pekan ini. Berhubung siswa SMP masih PTS, kita rencanakan pekan depan," terangnya di Kendal, Kamis (23/9/2021).

Menurut Wahyu, terjadinya kasus baru penularan Covid-19 pada siswa dan guru di beberap daerah menjadi perhatian Disdikbud Kendal.

Dia tidak ingin kecolongan yang disebabkan oleh penerapan prokes kurang ketat di sekolah.

Karena itu, Disdikbud menerjunkan tim pemantau PTM yang terdiri dari pengawas sekolah, penilik sekolah, koordinator wilayah, kecamatan dan pegawai bidang yang bertugas melihat langsung setiap sekolah yang menggelar PTM.

Halaman
123
Sumber: Tribun Pantura
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved