Breaking News:

Berita Jateng

Kemenkumham Jateng Sosialisasikan Layanan Pendaftaran Perseroan Perseorangan untuk UMK

Kemenkumham Jateng Sosialisasikan Layanan Pendaftaran Perseroan Perseorangan untuk UMK

Penulis: m zaenal arifin | Editor: yayan isro roziki
Dok Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah
Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Bambang Setyabudi. 

TRIBUNPANTURA.COM, SEMARANG - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Tengah menggelar sosialisasi layanan pendaftaran perseroan perseorangan yang memenuhi kriteria untuk usaha mikro dan kecil (UMK) di wilayah Jateng.

Sosialisasi yang digelar di Hotel Griya Persada Bandungan, Kabupaten Semarang itu menghadirkan narasumber dari perwakilan Direktorat Jenderal Administrasi Hukum dan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang.

"Dengan disahkannya Undang-Undang Cipta Kerja akan memberikan kemudahan kepada pelaku UMK, utamanya dalam mendirikan perseroan perorangan," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, A Yuspahruddin melalui Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Yankumham), Bambang Setyabudi, dalam rilisnya, Sabtu (25/9/2021).

Dikatakannya, konsep perseroan perorangan dengan tanggung jawab terbatas yang terdapat pada Undang-Undang Cipta Kerja merupakan sebuah terobosan, bentuk perseroan perorangan yang khas Indonesia atau hanya ada di Indonesia.

"Hal tersebut dapat memberikan perlindungan kepada pelaku usaha," jelasnya.

Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2021 tentang Modal Dasar Perseroan serta Pendaftaran Pendirian, Perubahan dan Pembubaran Perseroan yang Memenuhi Kriteria untuk Usaha Mikro dan Kecil, dengan tanggung jawab terbatas merupakan bentuk badan hukum yang memberikan perlindungan hukum kepada para pelaku usaha.

Bambang berharap dengan sosialisasi yang dilakukan, para peserta dapat lebih menambah informasi mengenai Perseroan Perorangan serta dapat mempermudah bagi pelaku UMK dalam menjalankan usahanya.

"Sehingga dapat menjadi motor penggerak dalam menumbuhkan kembali perekonomian di masyarakat," harapnya.

Adapun tiga narasumber dalam sosialisasi tersebut yaitu Kasi Arsip dan Dokumentasi dan Pengumuman Badan Hukum, Euis Nurmala, Kasubdit Pengembangan Perangkat Lunak, Susi Lisa dan perwakilan dari Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang, Sururi Rifai.

Sosialisasi juga dihadiri sejumlah pejabat di lingkungan Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah dan pimpinan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah. (Nal)

Sumber: Tribun Pantura
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved