Breaking News:

Berita Pekalongan

Dinperpa Pekalongan Gratiskan Vaksinasi Rabies dan Pengobatan Hewan, Peringati World Rabies Day

Dinperpa Pekalongan Gratiskan Vaksinasi Rabies dan Pengobatan Hewan, Peringati World Rabies Day

Tribunpantura.com/Indra Dwi Purnomo
Warga saat manfaatkan layanan vaksinasi rabies di Puskeswan Kertoharjo, Jalan Letjen Suprapto No 3, Kelurahan Kuripan Kertoharjo, Selasa (28/9/2021) sampai dengan Kamis (30/9/2021). 

TRIBUNPANTURA.COM, PEKALONGAN - Dinas Pertanian dan Pangan (Diperpa) Kota Pekalongan menyebut, vaksinasi rabies untuk hewan peliharaan sangat penting.

Selain penting untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan, pemberian vaksin antirabies pada hewan akan memberikan perlindungan kepada manusia dari dampak gigitan hewan dengan rabies.

Suntikan vaksin antirabies pada hewan juga, bisa mencegah risiko kematian hingga 100 persen pada manusia.

Menyuarakan kampanye global melalui World Rabies Day pada 28 September, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Pertanian dan Pangan (Diperpa) khususnya bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan menyelenggarakan Vaksinasi Rabies Massal untuk 300 hewan peliharaan secara gratis.

Vaksin hewan ini sebagai program pencegahan, pengendalian dan pemberantasan rabies yang menjadi tanggung jawab bersama.

Hewan yang berpotensi terserang rabies adalah kucing, anjing, atau kera. Ketiganya dekat dengan manusia dan sebagian menjadi hewan peliharaan.

Mengantisipasi penyakit rabies di Kota Dinperpa menggelar pelayanan vaksinasi rabies secara gratis di Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kertoharjo, Jalan Letjen Suprapto No. 3, Kelurahan Kuripan Kertoharjo, Selasa (28/9/2021) sampai dengan Kamis (30/9/2021).

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Ilena Palupi mengungkapkan, bahwa kegiatan vaksinasi hewan gratis ini dilakukan dalam rangka memperingati World Rabies Day 2021.

"Tindaklanjut pencegahan kegiatan Zoonosis adalah Peringatan Hari Rabies Internasional, kami melaksanakan vaksinasi dan pengobatan gratis untuk hewan anjing, kucing, dan kera pada tanggal 28-30 September 2021 di Puskeswan Kertoharjo," ungkap Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Ilena Palupi kepada Tribunpantura.com, Rabu (29/9/2021).

Menurutnya, dengan adanya kegiatan ini Kota Pekalongan bisa mempertahankan predikat wilayah daerah bebas rabies.

Halaman
12
Sumber: Tribun Pantura
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved