Breaking News:

Berita Batang

KUA Batang dan BNN Kerja Sama Cegah Penyalahgunaan Narkoba Bagi Calon Pengantin

Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Batang dan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Batang bersinergi dalam sosialisasi pencegahan

Penulis: dina indriani | Editor: muh radlis
IST
Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Batang Abdullah Najib saat berkunjung ke Kantor BNNK Batang untuk bersinergi sosialisasi penyalahgunaan narkoba, Jumat (1/10/2021) 

TRIBUNPANTURA.COM, BATANG - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Batang dan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Batang bersinergi dalam sosialisasi pencegahan penyalahgunaan Narkoba bagi para calon pengantin, di kantor BNNK Batang.

Sosialisasi atau bimbingan keluarga merupakan salah satu layanan yang diberikan oleh pihak KUA kepada masyarakat. 

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Batang Abdullah Najib mengatakan setiap tahun pihaknya menerima permohonan pencatatan akad nikah dari hampir 1000 calon pengantin.

"KUA Batang masuk dalam 100 KUA program revitalisasi tahun 2021 yang telah dicanangkan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, revitalisasi diperlukan mengingat selama ini KUA identik sebagai lembaga pencatatan akad nikah saja," tuturnya, Jumat (1/10/2021).

Padahal, lanjut dia bila mengacu Peraturan Menteri Agama Nomor 34 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Urusan Agama, ada 10 tugas dan fungsi dari KUA.

Selain pencatatan akad nikah, tugas lainnya berupa pelayanan bimbingan baik keluarga, kemasjidan, hisab rukyat, manasik haji, zakat, dan wakaf.

"KUA saat ini berupaya untuk berbenah, sehingga masyarakat tidak hanya mengenal sebagai tempat pencatatan akad nikah saja," ujarnya.

Ia mengapresiasi rencana pemberian sosialisasi penyalahgunaan narkoba kepada para calon pengantin.

"Sosialisasi ini penting bagi cantin untuk bekalnya nanti saat berkeluarga, agar terhindar dari penyalahgunaan narkoba," imbuhnya.

Kepala BNNK Batang Khrisna Anggara mengatakan para calon pengantin perlu mendapatkan informasi seputar Narkoba, baik untuk diri mereka dan juga anak-anak mereka nantinya. 

"Kami siap untuk memberikan pemahaman soal Narkoba kepada para calon pengantin, sebagai salah satu bekal bagi mereka saat berkeluarga nanti," tuturnya.

Dijelaskannya, untuk pelaksanaan sosialisasi Narkoba kepada para calon pengantin nantinya akan dibagi ke dalam beberapa sesi. 

"Di tiap sesi, selain mengenai Narkoba, para calon pengantin juga akan mendapat informasi lainnya dari pihak Puskesmas dan Polsek setempat," pungkasnya.

Sumber: Tribun Pantura
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved