Breaking News:

Berita Tegal

Bintek SPIP, Upaya Pemkot Tegal Tingkatkan Tata Kelola Keuangan

Bintek SPIP, Upaya Pemkot Tegal Tingkatkan Tata Kelola Keuangan, Dedy: Inspektorat Tak Bisa Kerja Sendiri

Humas Pemkot Tegal
Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono memberikan arahan dalam Bimbingan Teknis dan Pendampingan Penilaian Mandiri Maturitas SPIP Kota Tegal di Ruang Rapat Setda, Senin (4/10/2021). 

TRIBUNPANTURA.COM, TEGAL - Pemerintah Kota Tegal terus melakukan upaya untuk meningkatkan sistem tata kelola keuangan.

Satu di antaranya dengan meningkatan Sistem Pengendalian Interen Pemerintah (SPIP).

SPIP merupakan sistem pengendalian interen yang diselenggarakan secara menyeluruh di lingkungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah. 

SPIP diselenggarakan secara menyeluruh terhadap proses perancangan dan pelaksanaan kebijakan, serta perencanaan, penganggaran, dan pelaksanaan anggaran.

Upaya dalam peningkatan tata kelola keuangan tersebut dengan menyelenggarakan Bimbingan Teknis dan Pendampingan Penilaian Mandiri Maturitas SPIP Kota Tegal di Ruang Rapat Setda, Senin (4/10/2021).

Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono dalam sambutannya menyampaikan, untuk meningkatkan tata kelola keuangan yang baik, semua harus kompak dalam membenahi secara bersama-sama. 

Menurutnya, pembenahan tidak bisa hanya dilakukan oleh Inspektorat saja.

“Semua harus kompak dan membenahi bersama-sama, sebab Inspektorat tidak bisa bekerja sendiri."

"Butuh kerja sama yang baik dengan seluruh OPD,” katanya dalam rilis yang diterima tribunpantura.com. 

Jika diperlukan, menurut Dedy Yon, Inspektorat bisa melakukan evaluasi secara berkala untuk mengukur dan membenahi kekurangan yang ada.

Ia berharap, narasumber bintek dari Badan Pemeriksa Keuangan Pemerintah (BPKP) bisa memberikan pengetahuan dan ilmu agar bisa diserap oleh peserta bintek.

“Inspektorat bukan superman, yang dibutuhkan adalah super team."

"Jika diperlukan lakukan evaluasi secara terus menerus agar bisa diketahui mana kekuarangan yang perlu diperhatikan,” ungkapnya.

Inspektur Kota Tegal, Imam Badarudin menyampaikan, meskipun SPIP ini bukan lagi barang baru, namun pihaknya sengaja melaksanakan bintek tersebut untuk lebih meningkatkan kapasitas ASN pengelola.

"Hal ini dirasa perlu, mengingat SPIP bertujuan untuk memberikan keyakinan yang memadai bagi tercapainya efektivitas dan efisiensi."

"Pencapaian tujuan penyelenggaraan pemerintahan, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan," ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Pantura
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved