Breaking News:

Berita Jateng

Bupati Tiwi Dorong Pemanfaatan Sampah untuk Tambah PADes di Purbalingga

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mendorong desa-desa yang memiliki bank sampah untuk bisa dikembangkan hingga dapat

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: muh radlis
IST
Bupati Tiwi saat penyerahan sepeda motor di Desa Kedungbenda, Kemangkon, Selasa (5/10/2021). 

TRIBUNPANTURA.COM, PURBALINGGA - Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mendorong desa-desa yang memiliki bank sampah untuk bisa dikembangkan hingga dapat menyumbangkan Pendapatan Asli Desa (PADes).

Pada tahap awal ini, dorongan yang diberikan berupa bantuan berupa sepeda motor pengangkut sampah melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk beberapa desa. 

"Mudah-mudahan bantuan kendaraan roda tiga pengangkut sampah ini bisa menjadi penyemangat kepada para pengelola bank sampah.

Supaya nantinya pengelolaannya semakin berkembang menghasilkan produk-produk hasil olahan sampah dan bisa menyumbangkan PADes," ujar Bupati saat penyerahan sepeda motor di Desa Kedungbenda, Kemangkon, Selasa (5/10/2021).

Sejumlah desa yang menerima bantuan sepeda motor pengangkut sampah ini, diantaranya Desa Karangbawang Kecamatan Rembang, Desa Langkap Kecamatan Kertanegara, Desa Kabunderan Kecamatan Karanganyar, Desa Kalapacung Kecamatan Bobotsari, dan Desa Kedungbenda Kecamatan Kemangkon.

Sebelumnya, pada Jumat (3/9/2021) lalu juga telah diserahkan bantuan tersebut ke bank sampah di Desa Sidakangen Kecamatan Kalimanah dan Desa Prigi Kecamatan Padamara.

"Jadi yang menerima bantuan ini tidak semua desa, akan tetapi desa-desa yang berdasarkan survey DLH dinyatakan layak menerimanya karena telah melakukan pengelolaan sampah dengan baik," ungkapnya dalam rilis. 

Pada kesempatan ini, Bupati juga menyerap aspirasi dari desa, salah satunya terkait hal-hal untuk menunjang pengelolaan sampah di tingkat desa. 

Sementara itu Kepala DLH Kabupaten Purbalingga, Priyo Satmoko menjelaskan bantuan ini merupakan wujud peran serta pemerintah khususnya DLH dalam melaksanakan pengelolaan sampah berbasis masyarakat. 

Hal ini merupakan upaya untuk mengatasi permasalahan sampah, utamanya permasalahan sampah di wilayah pedesaan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved