Breaking News:

Berita Pekalongan

3 Tahun Mangkrak, Eks Bangunan Pasar Banjarsari Pekalongan Dibongkar, Deddy: Sudah 40 Persen

3 Tahun Mangkrak, Eks Bangunan Pasar Banjarsari Pekalongan Dibongkar, Deddy: Sudah 40 Persen

TribunPantura.com/Indra Dwi Purnomo
Sejumlah alat berat diterjunkan untuk pembongkaran Pasar Banjarsari Kota Pekalongan, Senin (11/10/2021). 

TRIBUNPANTURA.COM, PEKALONGAN - Bangunan Pasar Banjarsari yang sudah terbengkalai sejak terbakar lebih dari 3 tahun lalu, kini telah mulai dibongkar.

Hingga saat ini progres pembongkaran bangunan pasar tersebut telah mencapai 40 persen.

Seperti diketahui, Pasar Banjarsari merupakan pasar tradisional terbesar di Kota Pekalongan terbakar pada Februari 2018 silam dan tidak juga terbangun karena terkendala dengan beberapa hal salah satunya masalah sengketa tanah. 

Pemerintah Kota Pekalongan berupaya menyeriusi pembangunan kembali Pasar Banjarsari dengan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait.

Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid mengatakan, bahwa pembongkaran Pasar Banjarsari mulai dilakukan pada awal Bulan Oktober tahun 2021 ini.

Sejumlah alat berat diterjunkan untuk pembongkaran Pasar Banjarsari Kota Pekalongan, Senin (11/10/2021).
Sejumlah alat berat diterjunkan untuk pembongkaran Pasar Banjarsari Kota Pekalongan, Senin (11/10/2021). (TribunPantura.com/Indra Dwi Purnomo)

"Alhamdulillah, tahun ini Pasar Banjarsari mulai dibongkar dan itu sesuai target saya."

"Seperti yang saya sampaikan, bahwa tahun ini pasar harus dibongkar," kata Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid kepada Tribunpantura.com, Senin (11/10/2021).

Selain itu juga, Pemerintah Kota Pekalongan juga telah mengajukan anggaran pembangunan Pasar Banjarsari ke pemerintah pusat untuk membiayai pembangunan kembali Pasar Banjarsari.

"Pada saat kunjungan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto ke Kota Pekalongan, saya juga sudah sampaikan an proposal sudah kami berikan."

"Pak Menko sudah mengarahkan saya untuk bertemu dengan instansi terkait di tingkat pusat terkait proses pembangunan Pasar Banjarsari ini," imbuhnya.

Menurutnya, untuk pembangunan pasar ini membutuhkan dana sebesar Rp173 Miliar sesuai dengan rancangan Detail Engineering Desain (DED).

Kemudian, pembangunan kembali Pasar Banjarsari ini akan mengacu bangunan gedung berstandar SNI dan berkonsep Pasar Tradisional Rakyat untuk menampung 3.757 orang pedagang dari seluruh komoditas.

Halaman
12
Sumber: Tribun Pantura
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved