Breaking News:

Berita Jateng

Lansia Tak Perlu Takut Vaksinasi Covid-19, Ini Saran Dokter Penyakit Dalam RSUP dr Kariadi

Lansia Tak Perlu Takut Vaksinasi Covid-19, Ini Saran Dokter Penyakit Dalam RSUP dr Kariadi

TribunPantura.com/Mamdukh Adi P
Ketua Perhiimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (Papdi) Semarang, dokter Hery Djagat Purnomo (kiri berdiri), saat meninjau pelaksanaan vaksinasi, Senin (11/10/2021). 

TRIBUNPANTURA.COM, SEMARANG - Pemerintah mendorong percepatan vaksinasi Covid-19 bagi kelompok lanjut usia atau lansia.

Hal tersebut disampaikan Wakil Presiden Maruf Amin saat memberikan keterangan kepada media secara virtual usai meninjau Sentra Vaksinasi Kompas Gramedia Group di Bentara Budaya Jakarta, baru-baru ini.

Kelompok usia ini menjadi prioritas lantaran banyaknya lansia yang terpapar covid lalu tidak tertolong sehingga meninggal dunia.

"Pada rapat terbatas, sudah diputuskan bahwa lansia ini harus cepat diupayakan untuk dilindungi karena memang banyak yang meninggal," kata Maruf.

Namun demikian, ada hambatan dalam proses distribusi vaksin untuk lansia. Muncul ketakutan atau kekhawatiran yang membayangi para lansia lantaran menerima informasi yang tidak benar terkait vaksinasi.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin yang mendampingi Maruf dalam kunjungan tersebut mencontohkan sosok wapres yang merupakan lansia namun telah divaksin dan tidak terjadi efek samping yang berakibat fatal.

Di sisi lain, Ketua Perhiimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (Papdi) Semarang, dokter Hery Djagat Purnomo menuturkan, bahwa usia bukan merupakan kontradiksi dari vaksin.

Prinsipnya, usia bukan sesuatu halangan untuk vaksinasi.

Namun, dokter RSUP Kariadi Semarang ini menganjurkan kepada para lansia agar melakukan screening atau pengecekan kesehatan terlebih dahulu.

"Tahapannya, melakukan screening terlebih dahulu untuk memastikan kondisi pada saat dilakukan vaksinasi stabil dan sehat atau tidak."

"Usia lanjut memang komorbiditas (penyakit penyerta) banyak dan mayoritas, 80 persen merupakan penyakit dalam," kata Hery yang juga doktor ini, Senin (11/10/2021).

Halaman
12
Sumber: Tribun Pantura
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved