Breaking News:

Berita Ungaran

[HOAKS] Rekaman Suara 25 Detik, Kabarkan Ada Korban Jiwa Gempa Salatiga-Semarang di Banyubiru

[HOAKS] Rekaman Suara 25 Detik, Kabarkan Ada Korban Jiwa Gempa Salatiga di Banyubiru Kabupaten Semarang

Penulis: hermawan Endra | Editor: yayan isro roziki
TribunKaltim.co
Ilustrasi gempa bumi. 

TRIBUNPANTURA.COM, UNGARAN - Wilayah Salatiga dan Kabupaten Semarang digegerkan dengan beredarnya rekaman suara tentang adanya korban jiwa dan kerugian material akibat rentetan gempa di kedua wilayah tersebut.


Adapun rekaman suara berdurasi 25 detik itu berisi kalimat: Assalamualaikum, Ndan  Umam, Ndan Anam dan teman-teman semuanya, malam ini dapat informasi untuk kelurahan Muncul di Banyubiru sudah terjadi beberapa rumah roboh dan meninggal dunia 1 dan beberapa korban dilarikan ke rumah sakit. Info terkini, sugeng dalu ...


Menanggapi info di rekaman suara itu, Kapolres Semarang AKBP Yovan Fatika Handhiska Aprilaya, melalui Kapolsek Banyubiru Iptu Subhan mengatakan pihaknya sudah melakukan patroli ke lokasi bersama perangkat desa, tokoh masyarakat dan pelaku wisata, ternyata hasilnya nihil.


"Info dalam rekaman suara itu dipastikan tidak benar."

"Lagipula di Banyubiru tidak ada Desa Muncul, yang ada Dusun Muncul, Desa Rowoboni, Kecamatan Banyubiru," ungkap Kapolsek saat diwawancara, Minggu (24/10).


Dijelaskan rekaman suara yang tidak diketahui siapa pembuatnya itu sempat membuat pelaku wisata mengurungkan niat berwisata ke Rowoboni.

Hal ini menurut Subhan disesalkan banyak pihak terutama pelaku usaha di tempat wisata.


"Beredar juga rekaman klarifikasi dan permintaan maaf bahwa info korban jiwa dan material itu tidak benar, namun kami masih melacak pembuatnya siapa," ungkap Iptu Subhan.


Terkait gempa yang terjadi di Salatiga dan sebagian Kabupaten Semarang pada dua hari terakhir ini, Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami, Daryono melalui akun Twitternya menjelaskan gempa tersebut adalah gempa swarm.

Halaman
12
Sumber: Tribun Pantura
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved