Breaking News:

Kriminal dan Hukum

Dua Aktivis LSM Formas Peras Kades Kecik Sragen Rp100 Juta, Terjaring OTT Polisi saat Ambil DP

2 Aktivis LSM di Sragen Peras Kades Rp100 Juta, Terjaring OTT Saber Pungli Polisi saat Ambil DP lsm formas peras kades kecik

TribunPantura.com/Mahfira Putri Maulani
Dua anggota LSM Formas, tersangka pengancaman dan pemerasan terhadap Kades Kecik, dihadirkan dalam pers rilis di Mapolres Sragen, Selasa (16/11/2021). Keduanya memeras Kades Kecik sebesar Rp100 juta, dan terjaring OTT Tim Saber Pungli Sragen saat mengambil DP pemerasan tersebut. 

TRIBUNPANTURA.COM, SRAGEN – Dua pria yang mengaku sebagai aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Sragen, memeras seorang kepala desa (Kades) Rp100 juta.

Keduanya terjaring razia operasi tangkap tangan (OTT) tim sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli) Polres Sragen, saat mengambil down payment (DP) atau uang muka dari nominal pemerasan yang diminta, belum lama ini.

Dua pelaku pemerasan tersebut, berinisial AB dan SM, mengaku sebagai anggota LSM Forum Masyarakat Sragen (Formas).

Diberitakan sebelumnya, keduanya coba mengambil keuntungan dari adanya kasus dugaan penyimpangan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Desa Kecik, yang sekarang ditangani inspektorat.

Mencium adanya kasus ini, keduanya coba mengancam dan memeras Kades Kecik, Sukidi.

Mereka mendatangi Balai Desa Kecik, menemui Sukidi, dan meminta uang Rp100 juta, agar kasus ini tak dilaporkan ke pihak kepolisian maupun kejaksaan.

Bila permintaan itu tak dipenuhi, AB dan SM, mengancam melaporkan dan membawa kasus dugaan penyelewengan penyelenggaraan PTSL ini ke ranah hukum.

Lantaran takut dengan ancaman keduanya, Sukidi, hendak memberikan uang muka atau DP senilai Rp20 juta.

Saat hendak menerima uang DP pemerasan inilah, keduanya ditangkap tim Saber Pungli di salah satu rumah makan di Sragen.

Halaman
123
Sumber: Tribun Pantura
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved