Breaking News:

Berita Nasional

Ini Tambah Pengetatan dan Aturan Perjalanan selama PPKM Level 3 Nasional saat Libur Nataru

Ini Tambah Pengetatan dan Aturan Perjalanan selama PPKM Level 3 Nasional saat Libur Nataru

Tribunpantura.com/Fajar Bahruddin Achmad
Ilustrasi calon penumpang kereta api mendaftar tes rapid antigen sebagai syarat perjalanan jarak jauh. 

TRIBUN-PANTURA.COM, JAKARTA - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 seca nasional diterapkan pemerintah saat libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Saat PPKM Level 3 diberlakukan, pemerintah menerapkan pengetatan tambahan, yang difokuskan pada kerumunan massa.

Lalu, bagaimana aturan perjalanan selama libur Nataru dan PPKM Level 3 nasional?

Diketahui, Pemerintah mengumumkan bakal membatasi sejumlah kegiatan pada libur Natal 2021 dan tahun baru 2022. 

Hal ini disampaikan Menko PMK Muhadjir Effendy saat memimpin Rapat Koordinasi Tingkat Menteri Antisipasi Potensi Peningkatan Kasus Covid-19 pada Libur Nataru, secara daring, Rabu (17/11/2021). 

"Dalam kebijakan libur Natal dan tahun baru ini, sejumlah kegiatan seperti perayaan pesta kembang api, pawai, arak-arakan yang mengumpulkan kerumunan besar sepenuhnya dilarang," ujar Muhadjir, dikutip dari siaran pers (17/11/2021). 

Keputusan pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) itu diambil menyusul kebijakan pemerintah yang akan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3, untuk seluruh wilayah Indonesia selama libur Hari Raya Natal 2021 dan tahun baru 2022. 

Muhadjir mengatakan, larangan kegiatan dan penerapan PPKM level 3 di seluruh Indonesia tersebut dalam rangka memperketat pergerakan orang guna mencegah lonjakan kasus Covid-19. 

"Nantinya seluruh wilayah di Indonesia, baik yang berstatus PPKM level 1 maupun 2, akan disamaratakan dengan menerapkan aturan PPKM level 3," ujar Muhadjir. 

Berlakunya PPKM Level 3 secara langsung bakal berdampak pada aturan perjalanan, apalagi libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) diprediksi akan meningkatkan mobilitas. 

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved