Breaking News:

Berita Slawi

Video Vaksinasi Covid-19 ke Desa-desa Kab Tegal Target Dosis Satu Capai 70 Persen

Vaksinasi di Kabupaten Tegal sasar enam desa dengan ketersediaan vaksin 4.000 dosis, Kamis (23/12/2021).

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: restu dwi r

TRIBUN-PANTURA.COM, SLAWI - Berikut video vaksinasi covid-19 ke desa-desa Kab Tegal target dosis satu capai 70 persen.

Pemerintah Kabupaten Tegal bersama Komunitas Alumni Perguruan Tinggi (KAPT), kembali melaksanakan vaksinasi Covid-19 massal yang kali ini menyasar enam Desa dan menyediakan 4.000 dosis, Kamis (23/12/2021). 

Tidak berjalan sendiri, Pemkab Tegal dan KAPT juga mendapat dukungan penuh dari berbagai elemen seperti Seknas Jokowi, Bio Farma, Rekayasa Industri (Rekind), Perta Arun Gas, PGN Solution, Premier Oil, dan Garuda food. 

Adapun enam titik desa rinciannya di Kecamatan Margasari ada dua titik sentra vaksinasi yakni di Desa Jembayat lapangan rancang keling dan di SD Karangdawa IV. 

Sementara di Kecamatan Dukuhturi ada empat titik sentra vaksinasi, yakni di Balai Desa Pagongan, Balai Desa Bandasari, Balai Desa Sutapranan, dan Balai Desa Pekauman Kulon, sehingga total ada enam titik sentra vaksinasi Covid-19. 

"Kami berupaya mengajak masyarakat agar tetap antausias melakukan vaksinasi Covid-19, untuk terwujudnya herd immunity atau kekebalan komunal dan mematuhi protokol kesehatan 5M. Bagi kami vaksinasi Covid-19 dan mematuhi protokol kesehatan adalah kerja dan tanggung jawab bersama," ujar Sekjen KAPT Achmad Fakhruddin, pada Tribunjateng.com, Kamis (23/12/2021).

Dalam pelaksanaan sentra vaksinasi kali ini, Pemkab Tegal bersama KAPT juga membagikan bonus bagi masyarakat yang hadir dan ikut vaksinasi di Balai Desa Pagongan, Kecamatan Dukuhturi, sebagai upaya agar masyarakat antausias melakukan vaksinasi dan tetap mematuhi protokol kesehatan 5M. 

Prokes 5M yang dimaksud yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas. 

Panitia vaksinasi membagikan sekitar 2.000 biskuit dan 2.000 susu clove produk Garuda food kepada para peserta vaksinasi. 

Selain berupa biskuit dan susu, KAPT juga membantu dikepanitiaan non medis, hal ini sebagai bukti bahwa KAPT siap bergotong royong agar kekebalan komunal segera terwujud di Kabupaten Tegal, dengan tercapainya target 70 persen tervaksinasi Covid-19 di penghujung 2021 ini.

"Saya meyakini, jika vaksinasi Covid-19 dan disiplin prokes 5M berjalan dengan baik, maka roda ekonomi akan bergerak, tumbuh dengan baik, dan dunia pendidikan pun bisa dijalankan seperti sedia kala," katanya. 

Juru bicara penanganan Covid-19 Kabupaten Tegal Sarmanah Adi Muraeny mengungkapkan, capaian vaksinasi Covid-19 dosis satu di Kabupaten Tegal sesuai data yang ter-update di KPC-PEN saat ini berada di angka 60,22 persen. Sedangkan untuk dosis satu lansia sebanyak 52,62 persen. 

Namun jika data yang terkumpul sesuai orang yang ber KTP Kabupaten Tegal meskipun melaksanakan vaksinasi nya bukan di wilayah Kabupaten Tegal sebanyak 77,66 persen untuk dosis satu, kemudian lansia dosis satu sebanyak 54,27 persen. 


"Segala upaya kami kerahkan untuk bisa mencapai target 70 persen dosis satu tervaksin dan lansia. Seperti melakukan kerja sama dengan KAPT, melakukan vaksin door to door, ke Desa, program vaksinasi sore atau malam hari, dan lain-lain. Semoga akhir tahun ini target bisa tercapai baik dosis satu maupun lansia," ungkap Sarmanah. (dta) 

Sumber: Tribun Pantura
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved