Breaking News:

Kriminal dan Hukum

Ketum PBNU Gus Yahya Kabarkan Duka Mendalam, Rais Syuriah PCNU Yahukimo Papua Tewas Dibacok OTK

Ketum PBNU Gus Yahya Kabarkan Duka Mendalam, Rais Syuriah PCNU Yahukimo Papua Tewas Dibacok OTK, Gus Yahya Minta Polisi Usut Tuntas

Tribunnews.com/ Reza Deni
Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya memberikan pidato perdana di GSG Universitas Lampung, Jumat (24/12/2021). 

TRIBUN-PANTURA.COM, JAKARTA – Keluarga Besar Nahdlatul Ulama (NU) berduka. Rais Syuriah PCNU Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua, KH Suwito tewas akibat diserang orang tak dikenal (OTK) ketika hendak menunaikan ibadah salat Jumat (24/12/2021).

Nyawa Kiai Suwito tak tertolong setelah dianiaya dan dibacok sejumlah orang dengan senjata tajam di Suru-Suru, wilayah perbatasan antara Kabupaten Yahukimo dan Kabupaten Asmat.

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf sangat terpukul dengan insiden ini, karena sampai menimbulkan hilangnya nyawa kiai sepuh yang menjadi panutan warga Yahukimo.

Apalagi Kiai Suwito wafat dalam perjalanan ibadah, yakni menjalankan salat Jumat.

“Saya mewakili seluruh warga NU sangat berduka yang mendalam atas wafatnya Kiai Suwito."

"Insiden ini sangat memprihatinkan. Untuk itu saya mengecam aksi keji ini sekaligus minta agar polisi segera mengusut tuntas dengan menangkap pelaku dan menghukumnya sesuai aturan yang berlaku,” ujar Gus Yahya, sapaan akrab Ketum PBNU ini, di Jakarta, Sabtu (25/12/2021).

Menurut Gus Yahya, pembacokan yang dilakukan orang tak dikenal terhadap Kiai Suwito tak bisa dibenarkan dengan dalih apa pun.

Sebab Kiai Suwito adalah tokoh masyarakat biasa yang tak henti mendukung kedamaian di tanah Papua.

“Upaya perdamaian dan menyejahterakan rakyat Papua ini tentu harus dibangun di atas sikap saling menghargai dan menjunjung tinggi hak-hak asasi manusia, bukan justru direspons dengan kekerasan,” tegas Gus Yahya.

Meski sangat berduka atas insiden ini, Gus Yahya mengajak seluruh warga Nahdliyin dan masyarakat lainnya untuk tidak terprovokasi atas kejadian ini.

Halaman
12
Sumber: Tribun Pantura
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved