Breaking News:

Berita Temanggung

Rutan Temanggung akan Gandeng Kembali PCNU untuk Pembinaan Warga Binaan

Rutan Temanggung akan Gandeng Kembali PCNU untuk Pembinaan Warga Binaan rutan temanggung sosialiasi asimiliasi

Dok Rutan Temanggung
Karutan Kelas II B Temanggung, Syaikoni, memberi sosialisasi terhadap warga binaan rutan, kemarin. 

TRIBUN-PANTURA.COM, TEMANGGUNG – Rutan Kelas II B Temanggung akan kembali bekerjsama dengan Pengurus Cabang Nhdlatul Ulama (PCNU) Temanggung, terkait pembinaan warga binaan.

Kepala Rumah Tahanan Negara (RUtan) Kelas II B Temanggung, Syaikoni,  mengumpulkan seluruh warga binaan di lapangan setempat.

Didampingi Kasubsi Pelayanan Tahanan, Taat Eko Suratno dan Kepala Kesatuan Keamanan Rutan, Maksun, Syaikoni menyosialisasikan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 43 tahun 2021 tentang perubahan kedua atas Peraturan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Nomor 32 Tahun 2020.

Permenkumham Nomor 43 Tahun 2021 tersebut tentang perubahan kedua atas Permenkumham Nomor 32 Tahun 2020 terkait syarat dan tata cara pemberian PB, CB, Asimilasi dan CMB bagi narapidana dan anak dalam rangka pencegahan dan penanggulangan Covid -19.

Berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Ham Nomor 43 tahun 2021, terdapat pengecualian terhadap Putusan Pidana Warga Binaan bahwa Asimilasi di rumah tidak diberikan (mengacu pada pasal 11 di permen 24/2021), terhadap warga binaan dengan kasus Narkotika, Terorisme, Korupsi.

Lalu, kasus Kejahatan Keamanan Negara, Transnasional PP 99, Pembunuhan Pasal 339 & 340 KUHP, Pencurian Dengan Kekerasan 365, Kesusilaan 285 sd 290, Kesusilaan anak 81 & 82 UU No 23.

“Perpanjangan tersebut bersifat mendesak guna pencegahan dan penanggulanan penyebaran penularan Covid-19 pada Lembaga Pemasyarakatan, Rumah Tahanan Negara dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak,” jelas Syaikoni, sebagaimana dalam keterangan tertulisnya, Jumat (7/1/2022).

“Permenkumham No 43 Tahun 2021 ini memperpanjang program asimilasi rumah sampai dengan 30 Juni 2022 berlaku bagi narapidana yang tanggal 2/3 nya sampai dengan tanggal 30 Juni 2022,” tambah Syaikoni.

Dalam sosialisasi, Syaikoni mengingatkan kepada seluruh warga binaan untuk menjalankan setiap pembinaan yang ada di Rutan Temanggung dengan baik.

“Ke depannya akan diadakan lagi kerja sama dengan Nahdatul Ulama (NU) Kabupaten Temanggung terkait dengan pembinaan bagi warga binaan di Rutan Temanggung."

"Selain itu jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan, salah satunya dengan berjemur setiap pagi.” Tambah Syaikoni. (*)

Sumber: Tribun Pantura
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved