Berita kendal 182

Pelatihan DEA Tumbuhkan Wirausaha Mandiri UMKM di Kabupaten Tegal

Dalam rangka mempersiapkan pengusaha tangguh untuk meningkatkan pendapatan usaha, mengelola keuangan, dan akses dana dengan memanfaatkan teknologi.

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: Moch Anhar
Humas Diskominfo Kabupaten Tegal
Kegiatan pelatihan Digital Enterpreneur Academy (DEA) tahap tiga, berlokasi di Permata Inn Hotel Slawi, belum lama ini. 

TRIBUNPANTURA.COM, SLAWI - Dalam rangka mempersiapkan pengusaha tangguh untuk meningkatkan pendapatan usaha, mengelola keuangan, dan akses dana dengan memanfaatkan teknologi, berlangsung kegiatan pelatihan Digital Enterpreneur Academy (DEA) tahap tiga, berlokasi di Grand Dian Hotel Slawi dan Hotel Permata INN Slawi belum lama ini.

Dalam kesempatan ini, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Tegal Dessy Arifianto, mengatakan bahwa pelatihan Digital Enterpreunership Academi (DEA) ini sejalan dengan misi Kabupaten Tegal yaitu “Membangun perekonomian rakyat yang kokoh, maju, berkeadilan, berkelanjutan." Selain itu, “Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia melalui penguatan layanan bidang Pendidikan, Kesehatan, dan Sosial dengan memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi." 

Baca juga: Pembelajaran Tatap Muka di Kota Semarang Akan Kembali Digelar Senin Besok

Baca juga: Tanjakan Clirit View Kalibakung Arah Guci Diberlakukan Satu Jalur, Berikut Penjelasannya

"Melalui program pelatihan ini, bagi pelaku usaha atau yang merintis karir usaha bisa memanfaatkan platform digital, dan turut membantu meminimalisir pengangguran terbuka.

Pelatihan ini juga dapat membantu peserta untuk merencanakan, pengelolaan keuangan, dan mendistribusikan informasi mengenai produk mereka," jelas Dessy, dalam rilis yang diterima Tribunjateng.com, Jumat (18/2/2022). 

Pada kesempatan yang sama, Dessy juga berpesan kepada seluruh talenta Kabupaten Tegal untuk memanfaatkan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya, terutama untuk meningkatkan kualitas kompetensi diri agar mampu bersaing dan menghadapi era industry 4.0. 

"Harapannya dengan diadakan pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) ini mampu meningkatkan potensi UMKM di wilayah Kabupaten Tegal," harap Dessy. 

Hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Tegal, Suspriyanti, mengungkapkan bahwa Pemerintah Pusat, Provinsi, dan Kabupaten/Kota, saat ini terus mendorong dan memberdayakan UMKM. 

Alasannya? Karena sektor UMKM mampu menyerap tenaga kerja sehingga dapat mengurangi tingkat pengangguran, dan juga memberi peluang bagi UMKM untuk berkembang dan bersaing dengan usaha besar.

Baca juga: Pembelajaran Tatap Muka di Kota Semarang Akan Kembali Digelar Senin Besok

Baca juga: Di Batang, Ada 48 Porsi Haji yang Dilimpahkan ke Ahli Waris

Lebih lanjut, Suspriyanti menjelaskan, bahwa jumlah UMKM di Kabupaten Tegal saat ini ada 97.563 UMKM, dimana 65.535 UMKM yang sudah ber-NIK, 5.956 UMKM yang ber-IUMK, dan 3.976 UMKM OSS RBA.

"Pemerintah Kabupaten Tegal membuat kebijakan untuk meningkatkan kapasitas UMKM diantaranya pengembangan iklim usaha yang kondusif, pemberian kesempatan berusaha, memberikan jaminan kepastian hukum dan keadilan berusaha, dan pemberian izin usaha yang sederhana atau mudah. Saya berpesan, melalui pelatihan kali ini mari tumbuhkan jiwa wirausaha dari diri kita sendiri," tandasnya. (*) 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved