Berita Nasional

Tribunnews Gelar Webinar dengan Tema "Mencegah Stunting untuk Generasi Emas"

Isu stunting atau kurang gizi pada anak masih menjadi topik menarik untuk diperbincangkan.

Penulis: hermawan Endra | Editor: m zaenal arifin
Dokumentasi
Poster Webinar yang digelar Tribunnews dengan tema "Mencegah Stunting untuk Generasi Emas", pada Kamis (17/3/2022). 

TRIBUNPANTURA.COM, SEMARANG - Isu stunting atau kurang gizi pada anak masih menjadi topik menarik untuk diperbincangkan.

Terlebih di masa pandemi seperti sekarang.

Saat ini angka stunting mencapai 27 persen dari total penduduk Indonesia yaitu sebanyak 7.2 juta dan diharapkan turun menjadi 3.4 juta di tahun 2024. 

Penurunan angka stunting akan membawa dampak positif.

Bayi maupun anak-anak yang merupakan generasi penerus perjuangan bangsa Indonesia bisa tumbuh sehat dan hal tersebut tentu akan bermanfaat untuk negeri. 

Sekretaris Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Tengah, Sri Rahayu beberapa waktu lalu menjelaskan BKKBN sedang mengemban tugas dari presiden Jokowi dalam rangka menurunkan angka stunting.

Hingga tahun 2024 di targetkan angka stunting secara nasional dapat turun 14 persen.

Di Jawa Tengah, Sri Rahayu belum memegang data. Namun, pihaknya terus berupaya melakukan upaya pencegahan seperti dengan cara memberikan sosialisasi 4T pada remaja.

"4T yang dimaksut adalah terlalu muda usia melahirkan, terlalu rapat jarak kelahiran, terlalu tua usia untuk melahirkan dan terlalu sering melahirkan".

"Kami juga menyediakan pusat informasi konseling sebagai wadah edukasi," imbuhnya.

Pemberian ASI eksklusif pada bayi usia 0-6 bulan sangat penting  dan merupakan cara termudah untuk terpenuhinya kebutuhan nutrisi bayi.

Manfaat ASI eksklusif telah terbukti membantu anak mendapatkan asupan gizi yang cukup sehingga meminimalisir risiko terjadinya stunting pada anak.

Lalu apakah cukup dengan pemberian ASI? Atau ada hal lain? Dan bagaimana upaya pemerintah untuk menekan atau mengatasi angka stunting?

Untuk membahasnya, dalam rangka berkontribusi mencegah gizi buruk pada anak, Tribunnews menggelar Webinar dengan tema "Mencegah Stunting untuk Generasi Emas" pada Kamis (17/3/2022) pukul 13.30 sampai selesai. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved