Berita Banyumas

Masjid Agung Nur Sulaiman Jadi Bukti Sejarah Pusat Pemerintahan Banyumas di Kota Lama

Masjid Agung Nur Sulaiman dilindungi UU No.11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya, karena termasuk warisan budaya yang harus dilestarikan keberadaannya.

Penulis: Imah Masitoh | Editor: m zaenal arifin
TribunPantura.com/Imah Masitoh
Masjid Agung Nur Sulaiman Banyumas 

TRIBUNPANTURA.COM, BANYUMAS – Masjid Agung Nur Sulaiman yang berada di sebelah Barat alun-alun Banyumas menjadi bukti sejarah Kota Lama Banyumas pernah menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Banyumas pada dahulu kala.

Masjid Agung Nur Sulaiman dilindungi UU No.11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya, karena termasuk warisan budaya yang harus dilestarikan keberadaannya. 

Memiliki luas bangunan 726 meter persegi yang berdiri di atas tanah seluas 5.780 meter persegi menghadap langsung ke timur Alun-alun Banyumas.

Joni Muhammad Farid selaku juru pelihara Masjid Agung Nur Sulaiman mengatakan, tidak ada dokumen tertulis yang pasti mengenai kapan berdirinya masjid ini.

Namun diperkirakan masjid ini dibangun tahun 1755 satu masa dengan dibangunnya Pendopo Si Panji Banyumas yang letaknya tak jauh dari masjid Nur Sulaiman ini.

“Ditelusuri dari jejak-jejak peninggalan sejarah di buku Babad Banyumas, pusat Kabupaten Banyumas sendiri di bangun tahun 1755 (Pendopo Si Panji),” ungkapnya.

Saat zaman kerajaan Islam dulu khususnya di pulau Jawa setiap dibangun pusat pemerintahan akan dibangun juga tempat ibadah. 

Begitu pula di Banyumas di bangun Masjid Agung Nur Sulaiman saat Banyumas kota lama menjadi pusat pemerintahan.

“Seperti halnya Keraton Jogja dan Solo, di Banyumas dulu juga begitu pusat pemerintahan ada dan tidak berselang lama di bangun masjid agung,” jelasnya.

Pada awal keberadaanya masjid ini dikenal dengan nama Masjid Agung Banyumas, hingga tahun 1992 diusulkan penggunaan nama Nur Sulaiman menjadi nama masjid ini.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved