Berita Pekalongan

Video Menteri KKP Ingin Kembalikan Kejayaan Perikanan Pekalongan

Menteri KKP melakukan kunjungan kerja ke Kota Pekalongan, tepatnya di Kampung Nelayan.

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: restu dwi r

TRIBUN-PANTURA.COM, PEKALONGAN -  Berikut video Menteri KKP Ingin Kembalikan Kejayaan Perikanan Pekalongan.

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia Sakti Wahyu Trenggono melakukan kunjungan kerja ke Kota Pekalongan, tepatnya di Kampung Nelayan serta mengunjungi sentra kuliner olahan ikan di Kawasan Technopark Perikanan Kota Pekalongan, Selasa (19/4/2022).

Dalam kunjungan ke kampung nelayan, menteri bersama rombongan, memberikan bantuan sembako untuk para nelayan.

Di kampung nelayan, Menteri KKP tidak terlalu lama di kampung tersebut. Lantaran, cuaca di kampung tersebut turun hujan dengan intensitas tinggi.

Sehingga, menteri KKP langsung mengunjungi ke sentra kuliner olahan ikan di Kawasan Technopark Perikanan Kota Pekalongan.

"Saya sudah berkomunikasi dengan walikota terkait sentra kuliner perikanan. Adanya pandemi Covid-19, memang berdampak sekali. Ini pandemi sudah menurun harapannya ekonomi bangkit kembali," kata Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia Sakti Wahyu Trenggono kepada Tribunjateng.com.

Pihaknya mengungkapkan, ada beberapa hal yang bisa diimplementasikan saat kunjungan ke Kota Batik.

Di antaranya, kampung nelayan maju untuk perbaikan infrastruktur, sentra kuliner, dan pembangunan pelabuhan onshore yang sudah diprogramkan sebelumnya.

"Harapannya pelabuhan onshore ini memang segera terbangun. Kalau inginnya ya sejak tahun lalu dibangun, targetnya tahun depan sudah dibangun pelabuhan onshore untuk kembalikan kejayaan perikanan Kota Pekalongan," ungkapnya.

Sementara itu, Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid mengatakan, pelabuhan onshore dipastikan di bangun di Kota Pekalongan.

Pelabuhan Onshore ini, sebagai upaya untuk mengembangkan Kota Pekalongan sebagai kawasan minapolitan dan meningkatkan hasil produksi perikanan.

"Pembangunan Pelabuhan Onshore sudah dipastikan akan dibangun oleh pemerintah pusat pada tahun 2023-2025, yang lokasinya direncanakan berada di utara Pantai Slamaran," katanya.

Aaf panggilan akrabnya Wali Kota Pekalongan menyampaikan, sebelum adanya pembangunan Pelabuhan Onshore, pemkot harus terlebih dahulu membangunkan akses jalan menuju Pelabuhan Onshore.

"Pemkot kini tengah merumuskan akses jalan yang terdekat dan termurah. Harapannya, akses jalan tersebut nantinya tidak memerlukan adanya pembebasan lahan warga sekitar," imbuhnya 

Aaf berharap dengan adanya Pelabuhan Onshore, kedepan kejayaan perikanan Kota Pekalongan bisa kembali seperti dulu pada era tahun akhir 1990 an. (dro)

Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved