Berita Pekalongan

Festival Balloon Atraction 2022, Aaf: Untuk Memeriahkan Acara Syawalan di Pekalongan

32 balon udara dari berbagai jenis dan ukuran ditambatkan dalam kegiatan Festival Balloon Atraction 2022, di Lapangan Mataram, Minggu (8/5/2022).

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: m zaenal arifin
TribunPantura.com/Indra Dwi Purnomo
Ribuan warga antusias menyaksikan Festival Balloon Atraction 2022, di Lapangan Mataram, Minggu (8/5/2022). 

TRIBUNPANTURA.COM, PEKALONGAN - Sebanyak 32 balon udara dari berbagai jenis dan ukuran ditambatkan dalam kegiatan Festival Balloon Atraction 2022, di Lapangan Mataram, Minggu (8/5/2022).

Festival yang digelar oleh Komunitas Sedulur Balon Pekalongan diikuti dari Pekalongan dan diramaikan peserta dari Kabupaten Wonosobo.

Pantauan di lapangan, sejak pukul 06.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB ribuan warga memadati lapangan Mataram Kota Pekalongan untuk menikmati keindahan balon udara yang ditambatkan diajang.

Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid usai membuka kegiatan tersebut, mengakui belum siap memfasilitasi Festival Balloon Atraction 2022.

Kegiatan yang serba mendadak, dari Pemkot Pekalongan belum siap memfasilitasinya karena tahun ini masih pandemi Covid-19.

"Alhamdulillah atas inisiasi Komunitas Sedulur Balon Kota Pekalongan, karena Syawalan Lopis sudah diperbolehkan, mereka juga ingin berekspresi karena kegiatan balon udara tambat ini eventnya sangat jarang sekali."

"Sehingga dari mereka ini perlu diwadahi untuk memeriahkan acara Syawalan di Kota Pekalongan," kata Aaf, sapaan Achmad Afzan Arslan Djunaid.

Aaf mengapresiasi, atas inisiasi dari Komunitas Sedulur Balon Pekalongan yang menginginkan tradisi tetap dilestarikan, meskipun dengan serba keterbatasan tradisi budaya ini tetap digelar.

"Inikan tradisi budaya."

"Maka komunitas kita berikan izin untuk mengekspresikan karya kreativitasnya yang bisa dinikmati dan bisa menjadi daya tarik destinasi Kota Pekalongan," imbuhnya.

Menurutnya, kegiatan Balloon Atraction Pekalongan 2022 sebagai ajang kopi darat atau sambung seduluran antar komunitas balon.

Hal ini luar biasa meskipun dilaksanakan secara mendadak dengan peserta yang terbatas.

Bahkan, antusias masyarakat yang hadir memadati lapangan Mataram untuk menyaksikan tradisi balon udara ini sangat tinggi.

"Kami berharap, di tahun 2023 mendatang Pemerintah Kota Pekalongan bersama Airnav Indonesia dan Komunitas Sedulur Balon Pekalongan bisa memfasilitasi kembali kegiatan Festival Balon Tambat seperti di tahun 2019 silam yang sukses digelar di Stadion Hoegeng Pekalongan."

Halaman
12
Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved