Breaking News:

Berita Slawi

Video Siswa SMPN 1 Slawi Gelar Upacara Hardiknas Kompak Pakai Busana Adat

Meskipun persiapan dalam waktu singkat, tapi siswa sangat antusias dan ke sekolah dan upacara mengenakan pakaian adat

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: restu dwi r

TRIBUN-PANTURA.COM, SLAWI - Berikut video Siswa SMPN 1 Slawi Gelar Upacara Hardiknas Kompak Pakai Busana Adat

Ada yang berbeda pada peringatkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di SMPN 1 Slawi Kabupaten Tegal, hal ini karena siswa, siswi, dan guru melaksanakan upacara dengan mengenakan pakaian adat Indonesia, Jumat (13/5/2022).

Adapun seperti yang diketahui, bahwa setiap tanggal 2 Mei diperingati Hardiknas, tapi karena tahun ini bertepatan dengan hari raya Idul Fitri maka pelaksanaan upacara baru dilangsungkan Jumat (13/5/2022) serentak di seluruh Indonesia.

Menurut Kepala Sekolah SMPN 1 Slawi, Mujiarti, sesuai surat edaran dari Kementerian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi RI, bahwa peserta upacara diminta untuk mengenakan pakaian adat nasional.

Meskipun persiapan dalam waktu singkat, tapi siswa sangat antusias dan bisa mengusahakan untuk berangkat ke sekolah dan upacara mengenakan pakaian adat.

Siswa sendiri menggunakan pakaian adat beragam seperti adat Bali, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Aceh, dan lain-lain, tapi sebagian besar siswa memakai adat Jawa.

"Mengingat masih pandemi Covid-19 dan memenuhi aturan prokes maka yang melaksanakan upacara kali ini adalah siswa kelas VII mulai 1 sampai 9. Sedangkan siswa kelas lX istirahat di rumah setelah melaksanakan ujian sekolah, dan kelas Vlll melaksanakan studi wisata," ungkap Mujiarti, pada Tribunjateng.com, Jumat (13/5/2022).

Mujiarti pun menyampaikan pesan khusus pada Hardiknas tahun ini, Ia mengatakan semoga dunia pendidikan bisa lebih semangat lagi diawali dengan upacara bersama. 

Selain itu, merdeka belajar juga harus tetap berjalan, termasuk semangat anak-anak juga harus tetap membara untuk menuntut ilmu atau belajar. 

"Harapannya untuk dunia pendidikan jauh lebih baik lagi, semangat lagi, dan bisa bangkit dari keterpurukan pandemi Covid-19. Sedangkan bagi para siswa harus tetap semangat belajar dan menuntut ilmu di sekolah," jelasnya. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved