Berita Slawi

Long Weekend, Arus Lalu Lintas Menuju DTW Guci Tegal Macet, Antrean Sampai 8 KM

Antrean kendaraan mengular kurang lebih sampai 8 km, baik yang dari arah bawah Slawi menuju Guci ataupun sebaliknya arah Guci menuju bawah Lebaksiu.

TribunPantura.com/Desta Leila Kartika
Suasana arus lalu lintas di area DTW Guci Kabupaten Tegal, Minggu (15/5/2022). 

TRIBUN-PANTURA.COM, SLAWI - Arus lalu lintas menuju Daya Tarik Wisata (DTW) Guci Kabupaten Tegal pada momen libur panjang (long weekend) hari raya waisak mengalami kemacetan cukup parah terutama dari wilayah Bojong sampai masuk area wisata.

Antrean kendaraan mengular kurang lebih sampai 8 kilometer, baik yang dari arah bawah Slawi menuju Guci ataupun sebaliknya arah Guci menuju bawah Lebaksiu dan sekitarnya.

Bahkan antrean kendaraan sudah terjadi sejak memasuki area pertigaan GBN Lebaksiu, Pertigaan Yomani, kemudian mulai lancar sampai kembali terjadi macet setelah pasar Bojong.

Dari pasar Bojong kemacetan terjadi sampai pintu masuk utama DTW Guci.

Kemacetan terjadi sekitar pukul 10.00 WIB dan sampai pukul 15.25 WIB kondisi masih sama.

Kasubag Objek Wisata Guci Kabupaten Tegal, Mohamad Subekhi, mengungkapkan bahwa kondisi macet yang terjadi di area Guci maupun di akses jalan menuju Guci salah satu penyebabnya karena jumlah bus yang masuk sejak malam kemarin sebanyak 80 bus.

Sehingga imbasnya, kantong parkir yang tersedia tidak mampu menampung akhirnya terpaksa beberapa bus parkir di bahu jalan.

Inilah yang membuat arus lalu lintas tersendat baik pengunjung yang hendak masuk maupun keluar Guci.

"Sebetulnya kalau dilihat dari jumlah pengunjung, hari ini atau momen libur panjang tidak terlalu signifikan cenderung sama seperti biasa yaitu sekitar 5 ribu pengunjung."

"Adapun yang menyebabkan macet ya karena kendaraan bus meningkat ditambah kondisi hujan, sehingga dari pagi sampai sore ini masih terjadi kepadatan kendaraan," ungkap Subekhi, Minggu (15/5/2022).

Subekhi menyebut jumlah pengunjung kali ini lebih sedikit jika dibandingkan saat momen libur lebaran kemarin.

Jika saat ini kisaran 5 ribu pengunjung, maka pada momen libur lebaran mencapai 10 ribu lebih pengunjung yang masuk ke DTW Guci.

Selain dipengaruhi jumlah bus yang masuk lebih banyak dari biasanya dan cuaca hujan, terjadinya macet juga dipengaruhi kendaraan yang memutuskan untuk putar balik karena kelelahan atau tidak sabar. 

Sehingga ini juga menjadi pemicu semakin padat arus lalu lintas dan menghambat. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved