Berita Pekalongan

Alun-alun Kota Pekalongan Akan Ditata, Begini Nasib 262 Pedagang di Kawasan Itu

Alun-alun Kota Pekalongan akan menjadi pusat pengembangan kota sekaligus ruang publik dan terbuka hijau sehingga kawasan tersebut akan kembali ditata.

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: m zaenal arifin
Dokumentasi
Kepala Dindagkop-UKM Kota Pekalongan Budiyanto bersama rombongan saat mengecek Pasar Sugihwaras Kota Pekalongan. 

TRIBUN-PANTURA.COM, PEKALONGAN - Berdasarkan Perda No 30 Tahun 2011 mengenai Rencana Tata Ruang dan Wilayah Kota, Alun-alun Kota Pekalongan menjadi pusat pengembangan kota sekaligus ruang publik dan terbuka hijau sehingga kawasan tersebut akan kembali ditata rapih.

Oleh karena itu, pedagang yang berjualan di kawasan tersebut, akan dipindahkan ke Pasar Sugihwaras di Jalan dr Cipto.

"Makanya, alun-alun akan ditata rapi untuk ruang publik, sedangkan kita sudah membuat di dekat Jalan dr Cipto yakni Pasar Sugihwaras untuk sentra kuliner dan fashion."

"Ini sudah tepat karena penjual kuliner maupun fashion sesuai peruntukannya," kata Kepala Dindagkop-UKM Kota Pekalongan, Budiyanto, Senin (16/5/2022).

Menurutnya, Pasar Sugihwaras Kota Pekalongan sudah siap dioperasikan, hanya menunggu agenda peresmian oleh Wali Kota Pekalongan dan pemindahan para pedagang dari Alun-alun Kota Pekalongan

"Untuk Pasar Sugihwaras ini ada 210 los untuk pedagang fashion dan 52 los untuk kuliner, jadi totalnya ada 262, dan jumlah pedagang yang akan menempati juga sudah pas," ujarnya.

Budiyanto mengungkapkan, bahwa jika para pedagang sudah dipindah, nanti Alun-alun Kota Pekalongan akan dibuat ruang terbuka hijau, jadi akan ditutup dulu.

"Harapannya alun-alun nanti jadi bersih, rapi, dan tertata seperti Kawasan Simpang 5 dan Alun-alun Pemalang yang tidak ada pedagangnya karena pedagang sudah disiapkan tempat," ungkapnya.

Pihaknya menambahkan, nantinya dalam peresmian nanti akan diundang berbagai pihak yang akan mendukung perkembangan Pasar Sugihwaras seperti para pengusaha UMKM, perbankan, dan kabupaten tetangga yakni Kabupaten Batang, Kabupaten Pekalongan, Pemalang, dan Tegal.

"Hal ini agar tersosialisasikan secara lebih luas, bahwa ada sentra kuliner dan fashion di Kota Pekalongan yakni Pasar Sugihwaras," tambahnya. (*)

Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved